Breaking News:

Anda yang Miliki Riwayat Jantung, Wajib Waspadai Covid-19 Varian Delta, Bisa Fatal Jika Diabaikan

Anda yang Miliki Riwayat Jantung, Wajib Waspadai Covid-19 Varian Delta, Bisa Fatal Jika Diabaikan

Editor: Aloisius H Manggol
Pixabay
Ilustrasi covid-19. 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Munculnya varian baru covid-19 membuat pandemi ini makin berkepanjangan di Indonesia.

Apalagi, setiap varian memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

Varian Delta misalnya memiliki karakteristik dan sifat yang sangat cepat menular serta masuk kategori Varian of Concern atau varian yang perlu diwaspadai dari WHO.

Pernyataan sederhana muncul, adakah potensi bahaya yang patut diwaspadai oleh orang dengan riwayat jantung jika terpapar Covid-19 varian delta ini.

Baca juga: Disiplin Prokes dan Varian Delta Jadi Pemicu Utama Lonjakan Kasus Covid-19 di Jawa-Bali

Ketua PP Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI) Dr dr Isman Firdaus SpJP(K), memberikan penjelasannya dalam talkshow bersama Tribun Network, Senin (9/8/2021).

Ia mengatakan, baik varian Delta dan varian lain virus corona memiliki potensi bahaya yang sama bagi orang dengan riwayat jantung saat terinfeksi Covid-19.

"Semua sama. Selama ada infeksi maka terjadi proses yang kita sebut namanya reaksi radang dalam tubuh yakni munculnya kegawatan ulangan dari penyakit jantung," ungkap dr Isman.

Baca juga: Cerita Raffi Ahmad Saat Terpapar Covid-19 Varian Delta, Awalnya Rafathar Lalu Nagita Slavina

Selain itu, pasien jantung yang terpapar Covid-19 juga dapat menyebabkan reaksi inflamasi hingga koagulasi atau pembekuan darah.

"Juga bisa menyebabkan miokarditis atau radang di jantung. Sama saja mau varian Alpha, Beta, Delta. Cuma memang kalau varian Delta memiliki sifat yang mudah menular," imbuhnya.

Untuk itu ia berharap, pasien dengan riwayat jantung agar benar-benar taat dan disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan, serta rajin untuk minum obat.

"Maka concern betul pada prokes. Jangan sampai sakitnya menjadi berat. Salah satu mencegah fatality ini adalah dengan vaksinasi Covid-19," pesannya.

Artikel terkait telah tayang di Tribunnews dengan judul Waspadai Jika Orang dengan Riwayat Jantung Terpapar Covid-19 Varian Delta

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved