Breaking News:

Berita Klungkung

Air Laut Menerjang Jelang Panen, Petani Subak Sidayu Klungkung Berharap Ada Padi yang Terselamatkan

Mata Ni Nyoman Suweni (50), nanar melihat padinya rusak diterjang gelombang pasang, Kamis 12 Agustus 2021

Penulis: Eka Mita Suputra | Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi
Eka Mita Suputra
Kondisi lahan pertanian warga di Tempek Babakan, Dusun Sidayu, Desa Takmung, Jumat 13 Agustus 2021 yang terancam gagal panen karena diterjang gelombang pasang - Air Laut Menerjang Jelang Panen, Petani Subak Sidayu Klungkung Berharap Ada Padi yang Terselamatkan 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Mata Ni Nyoman Suweni (50), nanar melihat padinya rusak diterjang gelombang pasang, Kamis 12 Agustus 2021.

Petani Subak Sidayu, Desa Takmung, Klungkung, Bali berharap masih ada sisa yang bisa diselamatkan agar ia tidak terlampau merugi.

"Padahal saya sudah lama menantikan panen padi ini. Saya sudah senang karena pertumbuhan padinya bagus. Tapi saat sudah siap panen malah terkena ombak. Kalau sudah seperti ini mau bagaimana lagi," ujar Suweni saat ditemui di Tempek Babakan, Subak Sidayu, Jumat 13 Agustus 2021.

Suweni menceritakan, ia dan suaminya sebenarnya sudah beberapa kali membuat gundukan tanah untuk menghalangi terjangan ombak.

Baca juga: Gelombang Pasang di Pesisir Klungkung, Penyebrangan Dialihkan ke Padang Bai

Namun tetap saja saat gelombang pasang, air laut sampai ke lahan pertaniannya.

Ia pun mengaku akan segera memanen padinya itu.

Kalau dibiarkan terlalu lama maka gabah yang akan semakin rusak.

"Kalau kena air laut seperi ini, biasanya bulir gabahnya rusak. Tapi tetap saya panen, berharap ada yang masih bisa diselamatkan," ungkapnya.

Dinas Pertanian Klungkung sudah mengecek Tempek Babakan, Subak Sidayu, untuk memastikan luasan padi yang terdampak gelombang pasang.

"Petugas Dinas Pertanian sudab turun melakukan pendataan lahan warga terdampak gelombang pasang," ujar kepala DInas Pertanian Klungkung, Ida Bagus Juanida.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved