Breaking News:

Berita Karangasem

Bersaksi dalam Perkara Dugaan Korupsi Bedah Rumah, Eks Bupati Karangasem Dicecar Hakim dan Jaksa

Gusti AMS dihadirkan oleh tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) sebagai saksi terkait dugaan korupsi bantuan bedah rumah yang bersumber dari Penerimaan Pajak

Penulis: Putu Candra | Editor: Wema Satya Dinata
Tribun Bali/Putu Candra
Eks Bupati Karangasem Gusti AMS saat memberikan kesaksian di Pengadilan Tipikor Denpasar, Kamis, 19 Agustus 2021. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Mantan Bupati Karangasem, I Gusti AMS dihadapkan ke meja hijau Pengadilan Tipikor Denpasar, Kamis, 19 Agustus 2021.

Gusti AMS dihadirkan oleh tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) sebagai saksi terkait dugaan korupsi bantuan bedah rumah yang bersumber dari Penerimaan Pajak Hotel (PPH) dan Pajak Restoran Kabupaten Badung ke Pemkab Karangasem di Desa Tianyar Barat, Tahun Anggaran 2019.

Diketahui dalam perkara menyeret Perbekel Desa Tianyar Barat, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem I Gede Agung Pasrisak Juliawan (38) sebagai terdakwa.

Juga empat terdakwa lainnya, I Gede Sukadana (29) selaku Kaur Keuangan Desa Tianyar Barat, I Gede Tangun (36), I Ketut Putrayasa (38) dan I Gede Sujana (38).

Baca juga: Wayan Pande Dibekuk Polisi Lantaran Curi Sepeda Motor di Lokasi Galian C Karangasem

Selain Gusti AMS, tim JPU yang dikomandoi Jaksa Matheos Matulessy juga menghadirkan sejumlah pejabat Pemkab Karangasem.

Diantaranya, Kadis Perkim Karangasem, Kabag Hukum Setda Karangasem, Kabid Perumahan dan tiga saksi lainnya.

Gusti AMS terlebih dahulu diperiksa keterangannya sebagai saksi. Jalannya sidang pun sempat tegang, kala majelis hakim pimpinan Heriyanti, didampingi hakim anggota, Miptahul dan Subekti mencecar Gusti AMS dengan sejumlah pertanyaan mengenai proposal pengajuan hibah serta laporan pertanggungjawaban kegiatan bedah rumah.

Tidak hanya majelis hakim, tim JPU juga memberondong Gusti AMS seputar pertanyaan yang sama.

Ini lantaran terungkap di persidangan ada dua proposal yang masuk. Yakni, proposal yang diajukan terdakwa I Gede Pasrisak Juliawan dan atas persetujuan Bupati Karangasem, juga proposal yang diajukan oleh bupati sendiri.

Gusti AMS menyebut proposal yang diajukannya untuk mendapat bantuan bedah rumah sebanyak 14 ribu unit melalui OPD Perkim Karangasem. Sedangkan untuk Tianyar Barat untuk 405 unit.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved