Breaking News:

Serba Serbi

Kajeng Kliwon Pamelas Tali Berbarengan dengan Purnama dan Watugunung Runtuh

Hari ini, Minggu 22 Agustus 2021, berbarengan dengan rahina suci Kajeng Kliwon Pamelas Tali serta Watugunung Runtuh dan Purnama Sasih Katiga

Tribun Bali/AA Seri Kusniarti
Pantai Nunggalan - Kajeng Kliwon Pamelas Tali Berbarengan Dengan Purnama dan Watugunung Runtuh 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Anak Agung Seri Kusniarti

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Hari ini, Minggu 22 Agustus 2021, berbarengan dengan rahina suci Kajeng Kliwon Pamelas Tali serta Watugunung Runtuh dan Purnama Sasih Katiga, merupakan rangkaian hari suci di Bali yang baik untuk menghaturkan yadnya dan malukat.

Untuk itu, Jero Mangku Ketut Maliarsa, mengingatkan kepada umat se-dharma, agar menghaturkan sembah bhakti dengan minimal canang asebit sari dan bebantenan lainnya jika ada di natar sanggah, merajan masing-masing.

Guna berterima kasih kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa, atas anugerah beliau dan untuk nyomia bhuta kala agar tidak ngerebeda.

Sehingga terjadi keseimbangan alam antara bhuana alit dan bhuana agung.

Baca juga: Kelahiran Wraspati Wage Watugunung, Miliki Firasat Tajam dan Tekun

"Di samping itu bahwa sudah lumrah saat Kajeng Kliwon adalah hari suci pingit atau dalam bahasa Bali disebut tenget. Sehubungan dengan itu para umat Hindu selalu memohon kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa dan manifestasinya agar dianugerahi keselamatan dan kerahayuan,"ucapnya kepada Tribun Bali.

Selain itu, pemangku asal Bon Dalem ini juga mengingatkan tujuan yadnya adalah untuk nyomia bhuta kala.

Sehingga jangan lupa menaruh atau menancapkan sanggah cucuk serta menghaturkan tumpeng brumbun limang bungkul dengan tatakan daun pisang.

Tak lupa pula, berisikan rumbah gile, kakomoh, lawar kacang, calon agung, raka geti-geti, pisang batu, tuak arak berwadah bumbung.

Nasi takilan, dengan iwaknya taluh buka asem magantung, ring sanggah cucuk.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved