Breaking News:

Berita Tabanan

Puluhan TPS3R Segera Dibangun di Tabanan untuk Kurangi Kiriman Sampah ke TPA Mandung

Menurut data yang diperoleh dari DLH Tabanan, ada 30 titik yang tersebar di sejumlah kecamatan rencananya akan mendapat bantuan pembangunan TPS3R

Penulis: I Made Prasetia Aryawan | Editor: Wema Satya Dinata
Tribun Bali/I Made Prasetia Aryawan
salah satu tempat penampungan sampah yang menumpuk dan meluber ke jalan di Tabanan. 

TRIBUN-BALI.COM, TABANAN – Kabupaten Tabanan akan mendapat kucuran dana dari pemerintah pusat untuk pembangunan tempat pengelolaan sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS3R) di puluhan titik yang sudah diusulkan.

Saat ini prosesnya masih dalam proses administrasi dan menunggu kepastian dari pusat terkait jumlah TPS3R yang akan dibangun di Tabanan.

Sebelumnya Tabanan telah mengusulkan 30 titik pembangunan tempat pengelolaan sampah itu sebagai upaya untuk mengurangi volume sampah yang dikirim menuju TPA Mandung Tabanan yang sudah over kapasitas.

Menurut data yang diperoleh dari DLH Tabanan, ada 30 titik yang tersebar di sejumlah kecamatan rencananya akan mendapat bantuan pembangunan TPS3R.

Baca juga: 4 Warga di Tabanan Kena Bualan Benny, Modus Bisa Loloskan Korban Jadi PNS

Diantaranya adalah di Desa Antosari, Wanagiri, Wanagiri Kauh,  Gadung Sari, Dalang, Tegalmengkeb, Buwit, Tengkudak, Kukuh, Bongan

Kemudian juga di Desa Gunung Salak, Bajera utara, Selemadeg, Buruan, Subamia, Gadungan, Babahan, Antapan, Lalanglinggah, Baturiti Kecamatan Kerambitan.

Selanjutnya, di Desa Luwus, Perean, Wanasari, Batunya, Denbantas, Bengkel, Nyitdah, Angseri, Perean Kangin dan di Desa Abiantuwung Kecamatan Kediri.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tabanan, I Made Subagia mengatakan, pihaknya hingga saat ini masih menunggu informasi lanjutan mengenai pembangunan TPS3R di Kabupaten Tabanan. Sebab, untuk pembangunannya nanti proyeknya berada di bawah Dinas PUPRPKP Tabanan.

“Jumlahnya yang akan dibangun sekitar 30 titik, tapi kewenangannya nanti akan dilaksanakan oleh Dinas PUPR Tabanan,” ungkapnya saat dikonfirmasi Minggu 29 Agustus 2021.

Menurut Subagia, bantuan pembangunan tempat pengelolaan sampah ini tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat. Yang terpenting kedepannya akan mengurangi kiriman sampah ke TPA Mandung.

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved