Breaking News:

Berita Badung

Berikut Ini Sejumlah Catatan Penanganan Kasus Covid-19 Dari Menko Luhut Untuk Bali

Menurut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan penanganan kasus Covid-19 di Provinsi Bali

Penulis: Zaenal Nur Arifin | Editor: Karsiani Putri
Zaenal Nur Arifin
Menko Marves saat meninjau dan meresmikan TPST Samtaku Jimbaran, Jumat 10 September 2021. 

TRIBUN BALI.COM, MANGUPURA - Menurut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan penanganan kasus Covid-19 di Provinsi Bali sudah cukup bagus akhir-akhir ini.

Namun, ada beberapa catatan yang harus segera ditangani agar status PPKM Level 4 sekarang dapat turun menjadi Level 3 pada pekan depan.

"Penanganan Covid-19 Bali sangat baik, tadi saya bertemu Pak Gubernur, Walikota Denpasar, Kapolda, Pangdam, Dinkes dan lainnya. Kami tadi sudah membicarakan secara integrasi apa yang harus dilakukan," ujar Menko Luhut, usai meresmikan TPST Samtaku Jimbaran, Jumat 10 September 2021.

Lebih lanjut, Luhut menyampaikan dari data-data perkembangan kasus Covid-19 di Bali kemarin sudah lebih baik.

"Dari data-data per kemarin, mestinya Minggu depan sudah level 3. Kita berharap jangan terlalu lama (status level 4) tapi segera bisa turun level ke level 2. Tapi disiplin protokol kesehatan masyarakat Bali harus kuat," ungkap Menko Marves Luhut Pandjaitan.

Namun, masih ada masalah terutama angka kematian di beberapa Kabupaten masih tinggi tetapi hal itu sudah langsung dibicarakan penanganannya, selain itu juga terdapat penumpukan data kasus Covid-19.

"Terakhir kami sedang membereskan data yang numbuk, tadi antara data Kemenkes langsung hadir Pak Dente (Wamenkes) menyelesaikan dengan data Dinkes Provinsi Bali akan diselesaikan. Kalau itu selesai, 2.600 data tidak jelas bisa diurai saya kira Bali akan lebih baik (perkembangan kasusnya)," papar Menko Luhut.

Ia menambahkan setelah itu semua selesai pelan-pelan pariwisata akan kita buka semuanya dengan bertahap tidak bisa langsung semua dibuka.

Baca juga: Menko Luhut Ungkap Pariwisata Bali Akan Dibuka Secara Bertahap

Menanggapi adanya data kasus Covid-19 yang disinggung oleh Menko Luhut, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menyampaikan  untuk data penanganan kasus Covid-19 dari Badung diserahkan sepenuhnya ke pihak Provinsi.

"Semua data kasus Covid-19 di Badung kita sudah berikan ke Provinsi dan itu komando sudah satu pintu di Provinsi. Cuma kemarin itu ada persoalan data itu tidak bisa masuk ke sistem dan ini persoalan sudah di tingkat nasional," ungkap Giri Prasta.

Baca juga: Mal dan Objek Wisata Dibuka Lagi, Gubernur Koster Minta Masyarakat Untuk Tetap Jaga Prokes

Ia menambahkan untuk di Kabupaten Badung persoalan data tersebut ditangani dengan baik, bahkan di awal bulan September ini sudah drastis mengalami penurunan.

Baca juga: Gubernur Koster Harapkan Bali Miliki Basis Pendapatan Daerah Memadai Guna Mendukung Sumber PAD

Menurutnya, pada bulan Juli dan Agustus Bed Occupancy Ratio (BOR) bahkan overload, Astungkara sekarang hanya tinggal 32 orang pasien mudah-mudahan ini selesai dengan cepat bahkan ketersian isolasi terpusat saat ini hanya 28 persen. (*)

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved