Breaking News:

Kesehatan

Berikut Cara Bersihkan Ginjal, Hal-Hal Ini Bisa Kurangi Resiko Batu Ginjal

Menjaga organ-organ dalam tubuh merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Organ-organ bisa berfungsi dengan baik jika tidak mengalami kerusakan.

Editor: Harun Ar Rasyid
Sumber: Pexels.com
Minum teh herbal untuk menjaga kesehatan ginjal 

TRIBUN-BALI.COM/ - Menjaga organ-organ dalam tubuh merupakan hal yang penting untuk dilakukan.

Organ-organ bisa berfungsi dengan baik jika tidak mengalami kerusakan.

Salah satu organ yang penting untuk dijaga adalah fungsi organ ginjal.

Ginjal merupakan organ yang memiliki fungsi untuk membuang cairan, menjaga keseimbangan elektrolit, dan memproduksi hormon.

Organ yang berjumlah dua dan berukuran kecil ini terletak di kedua sisi tulang belakang, di bawah tulang rusuk.

Jika tidak memiliki masalah kesehatan, pola makan yang sehat dan seimbang serta asupan air yang cukup dapat menjaga kesehatan ginjal.

Baca juga: Anak Muda Juga Bisa Terkena Gagal Ginjal, Berikut Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Ginjal

Namun, ada makanan, herbal, dan suplemen yang juga dapat membantu mendukung fungsi ginjal.

 Dilansir dari Healthline, 19 Januari 2021, berikut adalah 4 cara membersihkan ginjal dan memperkuat fungsinya.

  1. Minum cukup air, Sebagai sistem penyaring dalam tubuh, ginjal membutuhkan air untuk mengeluarkan urine yang merupakan produk limbah utama. Jika asupan air rendah, volume urine pun akan rendah. Keluaran urine yang rendah akan menyebabkan disfungsi ginjal, seperti pembentukan batu ginjal. Minum cukup air sangat penting agar ginjal dapat membuang limbah berlebih. Ini sangat penting selama pembersihan ginjal.
  2. Konsumsi makanan yang menyehatkan ginjal, Lemon, jeruk, dan melon mengandung asam sitrat yang dapat membantu mencegah pembentukan batu ginjal dengan mengikat kalsium dalam urine. Proses ini menghambat pertumbuhan kristal kalsium yang mengakibatkan munculnya batu ginjal. Selain tiga buah tersebut, rumput laut coklat juga diyakini bermanfaat untuk pankreas, ginjal, dan hati. Pada tahun 2014, percobaan pada hewan menunjukkan, konsumsi rumput laut selama 22 hari dapat mengurangi kerusakan ginjal dan hati akibat penyakit diabetes. Menambah asupan kalsium melalui makanan, seperti kedelai dan sereal, juga membantu menjaga kesehatan ginjal. Kalsium dibutuhkan untuk berikatan dengan oksalat guna mengurangi penyerapan dan ekskresi zat ini.
  3. Minum teh herbal, Teh dari tanaman hydrangea ternyata dapat membersihkan ginjal. Hydrangea merupakan semak berbunga yang terkenal dengan bunga lavender. Baca juga: Penyebab Hipertensi, Kegemukan hingga Penyakit Ginjal Kronik Sebuah studi pada hewan menunjukkan, ekstrak Hydrangea paniculate yang diberikan selama 3 hari dapat memberikan efek perlindungan terhadap kerusakan ginjal.
  4. Konsumsi suplemen, Suplemen yang mengandung vitamin B6, omega-3, dan kalium sitrat dapat membantu pembersihan ginjal. Vitamin B6 diperlukan untuk metabolisme glioksilat yang dapat menjadi oksalat sebagai pengganti glisin jika kekurangan B6. Kemudian, omega-3 dibutuhkan untuk menurunkan metabolisme asam lemak omega-6 yang jika terlalu tinggi dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal. Sedangkan kalium merupakan elemen penting dari keseimbangan elektrolit dan keseimbangan pH urine.

Itulah beberpa cara menjaga ginjal agar selalu sehat. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com 4 Cara Membersihkan Ginjal, Kurangi Risiko Penyakit Batu Ginjal

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved