Breaking News:

Berita Klungkung

Optimalisasi SWRO,PDAM Klungkung Diminta Data Jumlah Permintaan Air Bersih di Lembongan & Jungutbatu

Segera turun lakukan pendataan sehingga air minum bisa diproduksi untuk memenuhi sesuai jumlah permintaan warga," pinta  Suwirta

Penulis: Eka Mita Suputra | Editor: Wema Satya Dinata
Tribun Bali/Eka Mita Suputra
Pembahasan distribusi air bersih melalui teknologi SWRO di Desa Lembongan, Minggu (26/9/2021). 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Selain permasalahan air bersih di Desa Bungamekar, Pemkab Klungkung juga melakukan pembahasan mengenai distribusi air minum untuk Desa Lembongan dan Jungutbatu.

Dalam pertemuan bersama tokoh masyarakat di desa setempat, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta meminta PDAM Panca Mahottama melakukan pendataan terkait permintaan masyarakat akan air minum.

 Sehingga SWRO ( Sea Water Reverse Osmosis) yang rencananya akan dikerjasamakan dengan pihak ketiga, mampu  berproduksi untuk memenuhi permintaan masyarakat akan air minum.

“Segera turun lakukan pendataan sehingga air minum bisa diproduksi untuk memenuhi sesuai jumlah permintaan warga," pinta  Suwirta.

Baca juga: 3 Dusun di Desa Bungamekar Klungkung Kesulitan Air Bersih, Pemkab Akan Bangun SPAM Mata Air Segening

Air minum yang diproduksi ini merupakan hasil dari pengolahan air laut menjadi air minum.

Mengingat di Pulau Nusa Lembongan dan Ceningan tidak ada sumber mata air, sehingga SWRO menjadi salah satu solusi dalam memenuhi kebutuhan air selain sumur bor.

Terkait harga per meter kubik, dirancang bervariasi mulai Rp 38 ribu, tergantung kelompok pelanggan, seperti rumah tangga, pemerintahan, niaga kecil, niaga besar dan jenis kelompok lainnya.

" Kami berharap masyarakat bisa mendukung program ini untuk kepentingan bersama dalam memenuhi kebutuhan air minum," ujarnya.

Selama ini SWRO yang ada di Dusun Ceningan memiliki kapasitas 5 liter per detik.

Kapastias ini hanya menjangkau sebagaian kecil wilayah di Pulau Ceningan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved