Breaking News:

Tips Kesehatan

Apabila Memiliki Alergi, Apakah Aman untuk Melakukan Vaksinasi Covid-19? Berikut Ini Penjelasannya

Bagi orang yang memang menderita alergi, mendapatkan vaksin Covid-19 bisa menjadi problematika tersendiri.

Editor: Karsiani Putri
khybernews.tv
ilustrasi vaksin Covid-19 

TRIBUN-BALI.COM- Bagi orang yang memang menderita alergi, mendapatkan vaksin Covid-19 bisa menjadi problematika tersendiri.

Pasalnya, salah satu efek vaksin Covid-19 adalah menimbulkan reaksi alergi.

Hal inilah yang membuat banyak penderita alergi bertanya-tanya mengenai keamanan vaksin Covid-19 untuk kondisi tubuh mereka.

Kabar baiknya, David M. Lang, ahli alergi dan Ketua Departemen Alergi dan Imunologi Klinik Cleveland Clinic mengatakan bahwa vaksin Covid-19 aman untuk penderita alergi

Penelitian dari Vaccine Adverse Event Reporting System yang diadakan pada 14-23 Desember 2020 mendeteksi 21 kasus anafilaksis setelah 1.893.360 dosis pertama vaksin Pfizer-BioNTech Covid-19.

Tujuh puluh satu persen dari kasus anafilaksis (reaksi alergi yang parah) juga terjadi dalam waktu 15 menit setelah vaksinasi Covid-19.

Sejak itu, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) menyatakan bahwa anafilaksis setelah vaksinasi Covid-19 adalah hal yang jarang terjadi.

Sebab, reaksi alergi yang parah dapat terjadi setelah vaksinasi apa pun.

“Meskipun ada risiko anafilaksis, itu masih sangat kecil – dan potensi manfaat dari vaksinasi Covid-19 jauh lebih besar daripada efek sampingnya,” ucap Lang.

Jika Anda memiliki reaksi alergi terhadap salah satu bahan dalam vaksin yang tersedia, bicarakan dengan dokter terlebih dahulu.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved