Breaking News:

AKBP Syam Malay Luncurkan Buku Sejarah Naib Reo Manggarai Abdoellah Daeng Mananja

dengan buku ini bisa memberikan semangat memahami dan menyebarluaskan sejarah yang diharapkan menjadikan khazanah keilmuan bagi masyarakat luas

Penulis: Kambali | Editor: Wema Satya Dinata
Istimewa
AKBP Syam Malay menunjukkan buku “Naib Reo Manggarai Abdoellah Daeng Mananja” yang diluncurkan pada Rabu, 27 Oktober 2021 di Denpasar. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - AKBP Syamsudin Malay, SE. MH atau yang akrab disapa Syam Malay meluncurkan buku “Naib Reo Manggarai Abdoellah Daeng Mananja” pada Rabu, 27 Oktober 2021 di Denpasar.

Buku tersebut mengupas secara detail sejarah dan silsilahnya Naib Reo Manggarai Abdoellah Daeng Mananja.

Menurut pria yang sekarang menjabat Kabag Pengadaan Biro Logistik Polda Bali ini mengatakan, penulisan buku tersebut berangkat dari pemikiran tentang sejarah yang ditulis untuk memperkuat literasi di Indonesia khususnya sejarah dan silsilah Naib Reo Manggarai Abdoellah Daeng Mananja.

Selain itu, dengan buku ini bisa memberikan semangat memahami dan menyebarluaskan sejarah yang diharapkan menjadikan khazanah keilmuan bagi masyarakat luas.

Baca juga: Melalui Buku ‘Bali Jadul’, Setiawan Gugah Ingatan Peristiwa Alam & Petuah Masa Lampau di Bali

“Buku ini merupakan sejarah singkat yang tersusun dengan empat bab. Masing-masing bab menjelaskan kolerasi antarsub.

Fokus dalam buku ini membahas tentang sejarah dan silsilah Naib Reo Manggarai Abdoellah Daeng Mananja,” kata Syam Malay.

Disebutkan, dalam buku tersebut menguraikan sosok dan silsilah Naib Reo Manggarai Abdoellah Daeng Mananja. Selain itu juga peninggalan Naib Reo Manggarai Abdoellah Daeng Mananja.

Di antaranya, Istana Asi Reo Manggarai, Keris Pusaka Naib, Masjid Besar Reo, Makam Naib Abdoellah Daeng Mananja, Manuskrip Dokumen Mandat Kekuasaan dari Sultan Bima, Kopiah Naib Abdoellah Daeng Mananja dan Kepala Ikat Pinggang Pakaian Kebesaran Naib Abdoellah Daeng Mananja

Ia berharap dengan adanya buku bisa digunakan untuk pegangan dalam membaca sejarah Naib Reo Manggarai Abdoellah Daeng Mananja.

Harapan juga tertuju kepada pembaca masyarakat umum semoga setelah membaca buku ini semakin menambah pengetahuan tentang Naib Reo Manggarai Abdoellah Daeng Mananja.

Atau buku ini bisa digunakan oleh berbagai pihak yang ingin mendalami tentang sejarah dan silsilah Naib Reo Manggarai Abdoellah Daeng Mananja.

“Tentunya dengan segala kelemahan dan kekurangan serta kemampuan saya, buku ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, saya menerima kritik dan saran yang bersifat konstruktif demi kesempurnaan penulisan ini,” kata dia.

“Semoga kritik dan saran dari pembaca dapat memberikan manfaat dan menjadi bekal pengetahuan bagi penulisan selanjutnya, serta penyempurnaan penulisan di masa yang akan datang. Pada akhirnya, mudah-mudahan buku ini bermanfaat,” tandasnya. (*)

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved