Breaking News:

Berita Jembrana

Dua Pengurus LPD Desa Adat Tuwed Ditahan Kejari Jembrana Terkait Dugaan Kasus Korupsi

Kepala Kejaksaan Negeri Jembrana, Triono Rahyudi menyatakan, bahwa pihaknya sudah menetapkan keduanya sebagai terdakwa. Karena status keduanya sudah

dok Triono Rahyudi.
Kepala Kejaksaan Negeri Jembrana, Triono Rahyudi 

TRIBUN-BALI.COM, NEGARA - Setelah sempat alot karena pengumpulan barang dan alat bukti untuk mengungkap kasus LPD Tuwed, kini, Kejaksaan Negeri Jembrana berhasil merampungkan kasus yang membuat kerugian para nasabah hampir Rp 1 Miliar itu.

Dua terdakwa yakni Dewa Putu Astawa dan Ni Nengah Suastini.

Dewa Putu Astawa sendiri merupakan Ketua LPD Desa Adat Tuwed, dan Ni Nengah Suastini selaku kasir.

Kepala Kejaksaan Negeri Jembrana, Triono Rahyudi menyatakan, bahwa pihaknya sudah menetapkan keduanya sebagai terdakwa. Karena status keduanya sudah masuk dalam babak penuntutan untuk disidangkan ke PN Negara.

Baca juga: Setahun Mangkrak, Dewan Jembrana Minta Layanan Uji KIR Segera Difungsikan

Keduanya, dari barang bukti dan alat bukti memenuhi unsur untuk tindak pidana, Pasal 2 ayat 1 jo pasal 18 UU nomor 31 tahun 1999, yang telah diperbaharui dengan UU nomor 20 tahun 2021, tentang tindak pidana pemberantasan korupsi, jo pasal 55 ayat ke 1 Pasal 64 ayat 1.

“Keduanya sudah ditahan. Untuk terdakwa ketuanya kami tahan dan titipkan di Tahanan Polsek Melaya. Sedangkan untuk yang perempuan khusus tahanan perempuan di Polsek Jembrana,” ucapnya Rabu 3 November 2021.

Triono mengaku, Keduanya melakukan upaya memperkaya diri sendiri.

Perbuatan itu sendiri dilakukan dalam rentang waktu sejak tahun 2006 hingga 2018. Dan sebagian besar dilakukan di Desa Adat Tuwed.

Mereka mengambil dana kas LPD Desa Adat Pakraman Tuwed itu secara unprocedure.

“Untuk sampai saat ini, kerugian itu sekitar Rp 800 juta lebih dengan pengembalian yang dilakukan keduanya tersisa sekitar Rp 500 juta lebih.

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved