Breaking News:

Berita Denpasar

Digitalisasi untuk Pelaku IKM dan UMKM Penting Dilakukan Dimasa Pandemi Covid-19

Dalam situasi pandemi Covid-19 IKM (industri kecil menengah) dan UMKM (usaha kecil mikro dan menengah) masih memberikan sedikit cahaya terang dan hara

Istimewa
ilustrasi digitalisasi 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Ni Luh Putu Wahyuni Sri Utami

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR – Dalam situasi pandemi Covid-19 IKM (industri kecil menengah) dan UMKM (usaha kecil mikro dan menengah) masih memberikan sedikit cahaya terang dan harapan untuk membangkitkan perekonomian khususnya di Bali kedepannya.

Hal tersebut diungkapkan oleh, Ketua Dekranasda Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster dalam acara Indonesia Digital Conference melalui virtual Zoom pada, Rabu 17 November 2021.

"Kita mengajak mereka (IKM dan UMKM) bangkit melalui offline yakni menggelar pameran. Yang memasarkan hasil-hasil kerajinan atau produk-produk mereka di pameran Art Center pada beberapa pekan lalu," kata dia.

Keuntungan dari berjualan di pameran tersebut dapat langsung diterima oleh para pelaku IKM dan UMKM dari konsumen.

Putri mengungkapkan, awalnya pelaku UMKM kebanyakan dari generasi jadul atau lama yang usianya 50 tahun keatas. Dan belum melek akan pemanfaatan tekhnologi.

Baca juga: Kenali Diabetes Tipe 1, Kondisi Autoimun di Mana Pankreas Sama Sekali Tidak Menghasilkan Insulin

"Berbeda dengan anak-anak saat ini yang sekali saja menggunakan gadget sudah mengerti. Mereka pelan-pelan diajari untuk digitalisasi. Karena dikhawatirkan nantinya usaha mereka akan ketinggalan jauh jika tidak memanfaatkan tekhnologi digitalisasi," tambahnya.

Untuk situasi saat ini di era baru, menurut Putri digitalisasi menjadi keniscayaan.

Dan semua pelaku usaha mau tidak mau harus menggunakan itu agar ada kemajuan dan usahanya dapat survive.

Terdapat beberapa hal yang harus dilakukan di Bali yakni pertahankan kualitas produk, pertahankan kualitas sumber daya manusia, serta pertahankan konsumen dan pasar lokal.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved