Breaking News:

Berita Bali

Potensi Gempa 8,5 SR di Bali, Tsunami Setinggi 6-14 Meter di Tanjung Benoa, Begini Penjelasan BMKG

Potensi Gempa 8,5 SR di Bali, Tsunami Setinggi 6-14 Meter di Tanjung Benoa, Begini Penjelasan BMKG

Penulis: Adrian Amurwonegoro | Editor: Irma Budiarti
Net
FOTO ILUSTRASI TSUNAMI. Potensi Gempa 8,5 SR di Bali, Tsunami Setinggi 6-14 Meter di Tanjung Benoa, Begini Penjelasan BMKG. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Adrian Amurwonegoro

TRIBUN-BALI.COM, BADUNG - Potensi Gempa 8,5 SR di Bali, Tsunami Setinggi 6-14 Meter di Tanjung Benoa, Begini Penjelasan BMKG.

8 menit menjadi durasi waktu rata-rata proses susur jalur evakuasi tsunami di wilayah Kelurahan Tanjung Benoa, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.

Susur jalur evakuasi dilakukan dari bibir pantai kawasan Tanjung Benoa hingga hotel yang dijadikan Tempat Evakuasi Sementara (TES) dengan teknik evakuasi vertikal.

Kegiatan susur jalur evakuasi diikuti sekitar 50 peserta terdiri dari masyarakat penggerak dan instansi meliputi TNI, Polri, Basarnas, BPBD, pihak perhotelan, hingga pihak sekolah.

Baca juga: BMKG Ingatkan Potensi Tsunami Setinggi 28 Meter di Pacitan Jawa Timur: Siapkan Skenario Terburuk

Koordinator Bidang Data dan Informasi Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III Denpasar, Dwi Hartanto menyebutkan, Tanjung Benoa yang terletak di bagian Selatan Pulau Bali dan dikelilingi lautan merupakan wilayah dengan skala prioritas bencana gempabumi dan tsunami.

"Wilayah Tanjung Benoa ini menjadi skala prioritas bencana gempabumi dan tsunami, skenario terburuknya seluruh wilayah Tanjung Beona bisa tersapu habis tsunami.

Karena jarak atau lebar daratan tidak sampai satu kilometer, sedangkan tsunami bisa menerjang hingga mencapai dua kilometer," kata Dwi saat dijumpai Tribun Bali di sela kegiatan Sekolah Lapang Gempabumi di SMP Negeri 3 Kuta Selatan, Badung, Bali, Selasa 30 November 2021.

Menurut Dwi, dari hasil evaluasi kegiatan susur jalur, waktu evakuasi mandiri membutuhkan durasi rata-rata durasi 8 menit - 10 menit.

Yang menjadi waktu ideal untuk penyelamatan dari perkiraan tsunami tiba mencapai daratan dalam waktu sekira 20 menit setelah gempabumi terjadi.

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved