Breaking News:

Berita Tabanan

Tabanan Siapkan Tim Gabungan Antisipasi Bencana, Puluhan Sarpras Penanganan Bencana Sudah Disiapkan

Sejauh ini banyak peristiwa bencana alam yang terjadi di berbagai daerah seperti pohon tumbang, tanah longsor, banjar, gelombang tinggi dan beberapa b

istimewa
Suasana saat Tim gabungan dari unsur Pemkab Tabanan, Kodim 1619/Tabanan dan juga Polres Tabanan menggelar Apel gelar Pasukan dalam rangka kesiapsiagaan antisipasi bencana Alam dan simulasi pergelaran peralatan di Gedung I Ketut Maria Tabanan, Senin 6 Desember 2021. 

TRIBUN-BALI.COM, TABANAN - Tim gabungan dari unsur Pemkab Tabanan, Kodim 1619/Tabanan dan juga Polres Tabanan menggelar Apel gelar Pasukan dalam rangka kesiapsiagaan antisipasi bencana Alam dan simulasi pergelaran peralatan di Gedung I Ketut Maria Tabanan, Senin 6 Desember 2021.

Apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk persiapan untuk menghadapi cuaca ekstrem yang terjadi akhir tahun 2021 hingga awal tahun 2022 mendatang. 

Sejauh ini banyak peristiwa bencana alam yang terjadi di berbagai daerah seperti pohon tumbang, tanah longsor, banjar, gelombang tinggi dan beberapa bencana alam lainnya.

Selain bencana alam,tim gabungan juga turut serta melaksanakan prokes untuk mencegah melambungnya angka Covid 19. 

Sekda Tabanan, I Gede Susila menyampaikan, apel gelar pasukan kesiapsiagaan antisipasi bencana alam ini diikuti oleh sejumlaj unsur seperti TNI Polri dan pemerintah kabupaten aeperti BPBD, Dishub, Satpol PP, Damkar dan lainnya.

Baca juga: Ibu Muda Dipaksa Berhubungan Suami Istri oleh 4 Teman Suaminya, Merintih Disamping Anaknya

Baca juga: UPDATE Mahasiswi Akhiri Hidup di Makam Ayah: Pernah Dilecehkan Senior, Sosok Ini Akan Diperiksa

Selain apel gelar pasukan, juga dilakukan pengecekan terkait sarana dan prasarana (sarpras) yang tersedia untuk menangani bencana alam. 

"Selain apel pasukan, kita juga mengecek peralatan yang kita punya di Tababan sebagai bentuk antisipasi penanganan bencana alam," kata Sekda Susila Senin 6 Desember 2021. 

Dia melanjutkan, ada sejumlah peralatan atay sarpras yang sudah disiapkan dari masing-masing instansi terkait diantaranya seperti Mobil Water Canon Dalmas Polres Tabanan, Usepe Pelampung Remod, Ring Body (life Jaket) Sat Pol Airud Polres Tabanan, Kayak atau perahu karet dengan kelengkapannya.

Kemudian untuk kelengkapan lainnya seperti pelampung, sampan, 10 Unit gergaji mesin, cangkul, sekop, tampar, dan lain sebagainya. Selain itu juga menyiagakan satu unit Ambulan Klinik Polres Tabanan, Unit Patwal Lantas dan Patwal BPDB, Dua Unit alat Berat dari PU, Dua Unit Damkar.

"Jadi selain mengantisipasi bencana alam yang disebabkan memang karena kondisi alam, kita juga mengantisipasi penyebaran Covid 19," katanya. 

Pejabat asal Sekartaji Tabanan ini menyebutkan, sejak bulan November 2021 lalu, sejumlah bencana alam yang diakibatkan karena cuaca ekstrem sudah terjadi di Tabanan.

Peristiwa alam diantaranya banjir, tanah longsor, pohon tumbang, gelomdang laut tinggi dan peristiwa alam lainnya.

Baca juga: Persib Kalahkan Madura United Tanpa Teja Paku Alam, Robert Alberts Ungkap Senang dan Tidak Senang

Baca juga: 25 KK Warga Sega Karangasem Terisolasi Akibat Longsor, Siswa Harus Berjalan 2,5 Km untuk ke Sekolah

Sehingga hal tersebut sangat perlu atensi bersama pemerintah untuk menyatukan langkah serta menyiapkan sarana dan prasarana untuk dapat mengatasinya.

"Sehingga masyarakat yang kena dampak dari musibah alam ini dapat kita selamatkan terutama tidak terjadi adanya korban jiwa. Di setiap musibah, baik musibah alam maupun non alam, langkah-langkah dari aparat saja tidaklah cukup untuk mengatasi setiap peristiwa yang terjadi. Kami harapkan peran serta seluruh komponen masyarakat Kabupaten Tabanan, ikut bahu membahu dan bersinergi dengan aparat pemerintah dalam mengatasinya, sehingga terjalin keterpaduan gerak langkah penanganan peristiwa dalam situasi apapun," harapnya. 

Meskipun terjadi bencana alam, kata dia, beruntung tidak sampai menimbulkan korban jiwa di Tabanan. 

"Dan kami harapkanya untuk semua instansi di Kabupaten Tabanan menyiapkan semua peralatan dan perlengkapan yang siap siaga digunakan dalam penanganan bencana, sehingga penanganan disetiap peristiwa dapat terselesaikan dengan baik, tidak mendapat hambatan dan pemerintah dalam mengatasinya tidak mendapat cemohan dari masyarakat kabupaten Tabanan," tandasnya. 

Kapolres Tabanan, WKBP Ranefli Dian Candra menegaskan, kesiapan peralatan sarpras penanganan Bencana diharapkan mampu untuk mengatasi bencana alam yang terjadi.

Sehingga, kesiapsiagaan dan kecepatan dalam penanganan Bencana yang mungkin terjadi di wilayah Tabanan ini bisa dengan maksimal kita laksanakan dan  dengan telah terjalinnya komunikasi, koodinasi dan Sinergitas dengan semua unsur terkait.

"Intinya kita selalu berharap dapat meminimalisir terjadinya korban yang ditimbulkan akibat bencana," tegas AKBP Ranefli.

Baca juga: Ditangkap Saat Menempel Sabu, Nengah Ananta dan Kadek Ari Mohon Keringanan Seusai Dituntut 10 Tahun

Baca juga: Sepekan Jelang Dibukanya Jendela Transfer Pemain Liga 1, The Jakmania Ucapkan Welcome Ciro Alves

Sembari mengecek seluruh peralatan, dia nengajak agar seluruh elemen masyarakat selalu meningkatkan kewaspadaan dan mengharapkan dukungan untuk tetap menjaga situasi kamtibmas Tabanan Kondusif selalu disiplin Prokes karena pandemi Covid 19 belum berakhir.

"Mari bersama-sama untuk menjaga Tabanan," tandasnya. 

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved