Breaking News:

Berita Gianyar

Kuliah Aplikatif Terpadu UNR di Gianyar, Dorong Pemanfaatan Teknologi Digital bagi Perajin Kue

Universitas Ngurah Rai (UNR) menyelenggarakan Kuliah Aplikatif Terpadu (KAT) di Desa Tulikup, Kabupaten Gianyar, Bali

Istimewa
Pembina KAT UNR Kelompok 14 (Desa Tulikup), Ir. Putu Doddy Heka Ardana, ST., MT. Kuliah Aplikatif Terpadu UNR di Gianyar, Dorong Pemanfaatan Teknologi Digital bagi Perajin Kue Iku-iku 

TRIBUN-BALI.COM, GIANYARUniversitas Ngurah Rai (UNR) menyelenggarakan Kuliah Aplikatif Terpadu (KAT) di Desa Tulikup, Kabupaten Gianyar, Bali.

Beragam kegiatan pengabdian dilaksanakan selama KAT.

Salah satunya pada Minggu 12 Desember 2021, digelar sosialisasi penerapan e-commerce dan pengelolaan keuangan untuk meningkatkan daya saing dan pangsa pasar UMKM di desa setempat.

Pembina KAT UNR Kelompok 14 (Desa Tulikup), Ir. Putu Doddy Heka Ardana, ST., MT  mengatakan, KAT ini dilaksanakan selama sebulan, dari November sampai Desember 2021.

Baca juga: BLT UMKM Rp 1,2 Juta Cair, Cek di eform.bri.co.id/bpum, Siapkan KTP

Sebanyak 20 orang mahasiswa S1 dari empat fakultas di UNR disebar di desa ini untuk bersentuhan langsung dengan masyarakat Desa Tulikup.

Para mahasiswa memetakan potensi desa, melakukan edukasi pengelolaan sampah berbasis sumber hingga pemanfaatan teknologi digital bagi perajin di desa setempat.

“Dalam memetakan potensi Desa Tulikup, diketahui salah satunya keberadaan perajin kue iku-iku. Untuk itu, kegiatan terakhir dalam KAT ini kami adakan sosialisasi penerapan e-commerce dan tata kelola keuangan untuk membantu UMKM di Desa Tulikup khususnya perajin iku-iku untuk lebih berkembang lagi. Jadi, harapkan ke depannya semakin meningkat dari sisi ekonomi mereka,” ujar Doddy

Terkait edukasi pengelolaan sampah, dia menjelaskan, hal ini merupakan salah satu program yang tengah digenjot oleh pemerintah desa setempat.

Kehadiran mahasiswa KAT UNR kali ini juga diarahkan untuk membantu menyukseskan program tersebut.

“Mahasiswa kami turun memberi informasi secara langsung kepada warga masyarakat di banjar-banjar bagaimana cara memilah sampah di rumah,” ujarnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved