Bali

3 Hari Kedepan Begini Kondisi Cuaca di Wilayah Selat Bali

Terjadi peningkatan kecepatan angin mencapai 20 knot di wilayah Selat Bali bagian Utara

Penulis: Zaenal Nur Arifin | Editor: Harun Ar Rasyid
Pexels
Ilustrasi hujan. 

TRIBUN BALI.COM, MANGUPURA - Terjadi peningkatan kecepatan angin mencapai 20 knot di wilayah Selat Bali bagian Utara ( Jalur Penyeberangan Ketapang - Gilimanuk ) pada tanggal 21 Desember 2021 sekitar pukul 12.10 - 13.00 WITA.

Hal tersebut disampaikan BMKG Wilayah III Denpasar dalam keterangan tertulisnya yang diterima tribunbali.com, Senin (21 Desember 2021) malam.

Disebutkan pada keterangan tertulis, bahwa analisis data cuaca menunjukan adanya sirkulasi sikionik ( pusaran angin dengan arah searah jarum jam ) di wilayah Jawa Tengah.

Hal ini menyebabkan adanya peningkatan kecepatan angin di wilayah sekitarnya, mulai dari wilayah Jawa bagian timur hingga Selat Bali.

"Masyarakat dihimbau untuk waspada terhadap potensi tinggi gelombang lout yang dapat mencapai 2 meter atau lebih di Selat Bali bagian Selatan dan potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dalam 3 hari kedepan," tulis BMKG Wilayah III dalam keterangannya.

Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG Wilayah III Denpasar membuka layanan informasi cuaca 24 jam dan dapat menghubungi kanal resmi BMKG.

Baca juga: Hey Pelancong! Ini Prakiraan Cuaca 8 Tempat Wisata Hits di Bali Besok, 22 Desember 2021

Baca juga: Antisipasi Omicron,Gedung D RSD Mangusada Badung Dipastikan Siap untuk Penanganan Covid-19 pada 2022

Baca juga: Warga Dari dan Menuju Nusa Penida Klungkung Wajib Tunjukkan Bukti Vaksinasi Dosis Kedua

Cuaca Besok

Koordinator Bidang Data dan Informasi Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III Denpasar, Dwi Hartanto menyebut potensi hujan sedang disertai petir hanya terjadi di Singaraja, Buleleng.

"Selebihnya di Amlapura Karangasem, Bangli, Kota Denpasar, Gianyar, Jembrana, Semarapura Klungkung dan Tabanan diprediksi hujan ringan," kata Dwi

"Untuk Mengwi, Kabupaten Badung diprediksi berawan," sambungnya.

Untuk suhu udara, dijelaskan Dwi, rata-rata berkisar 24 hingga 32 derajat celcius.

"Angin bertiup ke Barat dan kelembaban udara rata-rata 65 hingga 90 persen," paparnya.

Sementara itu, prakiraan cuaca di sejumlah tempat wisata di Bali, Tanah Lot pada pagi hari hingga sore diprediksi cerah berawan dan pada malam harinya diprediksi turun hujan dengan intensitas ringan.

Sama halnya dengan Tanah Lot, Pantai Kuta, Pantai Sanur, Pantai Nusa Dua, juga diprediksi cerah berawan pada pagi hari hingga sore hari dan pada malam harinya diprediksi turun hujan dengan intensitas ringan.

Sedangkan untuk kawasan wisata Ubud diprediksi cerah berawan pada pagi hingga sore dan berawan pada malam harinya. Hujan tidak diprediksi turun.

Untuk tempat wisata Bedugul, pagi hari diprediksi cerah berawan, namun menginjak pukul 14.00 Wita - 20.00 Wita diprediksi turun hujan dengan intensitas sedang selebihnya berawan.

Besakih, diprediksi turun hujan dengan intensitas ringan pada siang hari pukul 14.00 Wita - 20.00 Wita dan pada pagi harinya cerah berawan, serta malam hari di atas pukul 20.00 wita cuaca diprediksi berawan.

"Dan yang perlu menjadi perhatian pelancong di kawasan wisata Kintamani, sebab siang hari pukul 14.00 Wita - 20.00 Wita diprediksi turun hujan intensitas sedang disertai petir, pagi harinya cerah berawan dan malam hari di atas pukul 20.00 Wita diprediksi berawan," pungkasnya. (*)

Berita Bali Lainnya

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved