Berita Badung

Edukasi Mesin Penukaran Sampah Botol Plastik, Yudhy Tunggangi Sepeda Motor dari Bali ke Jakarta 

kegiatan ini merupakan bagian dari kontribusi sosial dalam tindakan berkelanjutan dengan menggerakkan ekonomi sirkular melalui Konsep Eco Green

Penulis: Zaenal Nur Arifin | Editor: Noviana Windri
Edukasi Penggunaan Mesin Penukaran Sampah Botol Plastik, Yudhy Tunggangi Sepeda Motor dari Bali ke Jakarta 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN BALI.COM, MANGUPURA - Sepekan sudah pameran Indonesia International Motor Show atau IIMS 2022 digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta berlangsung.

Mendukung rangkaian IIMS Hybrid 2022 yang mengusung tema 'Go Green', PT Plasticpay Teknologi Daurulang bersama organisasi pegiat lingkungan hidup, Berani Jaga Bumi Foundation melakukan diseminasi informasi serta edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya penggunaan mesin penukaran sampah botol plastik, menjadi poin secara otomatis atau Reverse Vending Machine (RVM) di tempat-tempat umum seperti mall dan minimarket.

PT Plasticpay Teknologi Daurulang yang merupakan gerakan sosial berbasis platform digital mewujudkan edukasi tersebut dengan melakukan kegiatan 'Solo Ride Touring' dan dilepas hari ini dari Jimbaran Hub, Kuta Selatan, Badung.

Yudhy Ervin Tiara selaku Founder Yayasan Berani Jaga Bumi mengendarai sepeda motor Royal Einfield akan menempuh perjalanan dari Bali ke Jakarta sejauh lebih kurang 1.179,4 km.

"Start akan dilepas oleh Ketua IMI Bali, Ajik Krisna dan dilakukan dari Jimbaran Hub, Bali. Dengan membawa botol-botol plastik yang akan dimasukan ke mesin penukaran sampah botol plastik menjadi poin secara otomatis atau Reverse Vending Machine (RVM) yang berada di area Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 di JIEXPO Kemayoran Jakarta," ujar Yudhy Ervin, sebelum berangkat pada hari Kamis 7 Maret 2022.

Baca juga: Indonesia Music Expo Digelar Offline, akan Perkenalkan Keragaman Musik Nusantara di Mata Dunia

Baca juga: Indonesia Meriahkan Perayaan Tahun Baru di Expo 2020 Dubai dengan Parade Budaya Bali

Baca juga: Sambut Natal, Naralia EO Gelar Christmas Expo di Level 21 Mall, Hadirkan Produk Fashion Unik

Menurutnya, kegiatan ini merupakan bagian dari kontribusi sosial dalam tindakan berkelanjutan dengan menggerakkan ekonomi sirkular bersama-sama melalui Konsep Eco Green.

Solo Ride Goes to IIMS Hybrid 2022, Impactfull Sustainable Movement ini didukung oleh Le Minerale, Berani Jaga Bumi Foundation, Jimbaran Hub, PlasticPay, Asosiasi Daur Ulang Plastik (ADUPI), Royal Enfield dan Stars Model Look.

"Aksi ini juga untuk mengajak dan merangkul semua pihak untuk peduli terhadap lingkungan, mulai dari lingkup terkecil yaitu diri sendiri dan rumah tangga kita,” imbuh Yudhy Ervin.

Kita bisa mulai menerapkan gaya hidup minim sampah, memilah sampah dari rumah, serta menukarkan sampah botol plastik melalui fasilitas yang kami sediakan sehingga bisa menghasilkan uang.

Sampah plastik yang terkumpul akan ditukarkan menjadi Plasticpay Poin melalui aplikasi Plasticpay, yang nantinya dapat dikonversikan menjadi uang elektronik seperti DANA, OVO, Gopay, LinkAja, dan INACASH. 

Kemudian Plasticpay akan mendaur ulang lalu mengubahnya menjadi butiran, Recycled Polyester Staple Fiber (“Re-PSF"), benang dan kain. 

Hasilnya adalah Eco-friendly fiber dan kain daur ulang yang memenuhi semua standar kualitas tinggi yang dapat digunakan untuk bantal, boneka, tempat tidur, karpet, furniture, interior otomotif dan produk non-woven/ woven.

Ketua IMI Provinsi Bali, Gusti Ngurah Anom atau Ajik Krisna mengapresiasi terhadap aksi sosial bertemakan upaya penyelamatan lingkungan hidup yang dilakukan founder Yayasan Berani Jaga Bumi ini.

Baca juga: Menko Airlangga Ajak Calon Investor untuk Berinvestasi di KEK dalam Forum Bisnis Dubai Expo 2021

Baca juga: UPDATE AC Milan, Rossoneri Tampil di World Expo 2020, Casper Stylsvig: Momen Spesial dan Bersejarah

Baca juga: From Zero to Hero, Deck Sotto Inisiasi UMKM Layang-layang Expo 2021 di Denpasar Bali

"Kami mendoakan semoga beliau selamat membawa misinya membawa botol sampah plastik dari Bali sampai ke tujuan di area Pameran IIMS 2022 di Jakarta," tutur Ajik Krisna.

Lenny Hartono yang merupakan seorang desainer busana daur ulang, menyampaikan pihaknya mendorong langkah dan aksi nyata upaya penyelamatan lingkungan yang dilakukan Berani Jaga Bumi ini.

“Sangat kami dorong kegiatan seperti ini karena selain untuk mengedukasi masyarakat agar tidak membuang sampah botol plastik, nantinya sampah botol plastik ini bisa ditukar dengan sejumlah saldo di e-money," ungkap Lenny Hartono.

Hadir juga dalam pelepasan Solo Ride Goes to IIMS Hybrid 2022, Pembina PPMKI Bali Jos Darmawan, Pengelola Jimbaran Hub Augyawati Joe, Lenny Hartono selaku desainer busana daur ulang yang juga founder Stars Model Look dan Komunitas Penggemar Motor Royal Enfield.(*)

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved