Berita Gianyar

Dukung Kelestarian Lingkungan, Sucofindo Resmikan TPS 3R Bhakti Pertiwi Gianyar

Dukung Kelestarian Lingkungan, Sucofindo Resmikan TPS 3R Bhakti Pertiwi Gianyar Dukung Kelestarian Lingkungan, Sucofindo Resmikan TPS 3R Bhakti Pertiw

Penulis: Zaenal Nur Arifin | Editor: Harun Ar Rasyid
istimewa
Pengguntingan pita sebagai tanda diresmikannya TPS 3R Bhakti Pertiwi Desa Bresela Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar.(Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin) 

TRIBUN BALI.COM, GIANYAR – Sucofindo meresmikan Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, Recycle (TPS 3R) Bhakti Pertiwi di Desa Bresela, Gianyar, Bali.

TPS 3R tersebut secara simbolis diresmikan oleh Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT Sucofindo, Budi Hartanto bersama Bupati Gianyar yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Gianyar, I Wayan Sadra dan disaksikan oleh Perbekel Desa Bresela, I Wayan Dirka, pada Selasa 31 Mei 2022 kemarin.

Wayan Sadra menyampaikan apresiasi kepada PT Sucofindo atas bantuan sarana dan prasaranayang telah diberikan kepada Desa Bresela.

"Pemerintah mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan, semoga kerja sama ini tetap terjalin tidak hanya di lingkungan Bresela, namun di sejumlah wilayah di Kabupaten Gianyar, sehingga dapat meningkatkan kualitas lingkungan yang sehat dan produktif di Kabupaten Gianyar khususnya Desa Bresela," ujar Wayan Sadra.

Baca juga: Alasan Pipa Sudah Berumur, PDAM Badung Akui Alami Kebocoran Air Bersih Sampai 40 Persen

Baca juga: Nadeo Argawinata dan Irfan Jaya Bakal Starter Timnas Indonesia vs Bangladesh, Teco Ungkap ini

Baca juga: Harga Daging Babi Jelang Galungan, dari Peternak Rp 40 Ribu, di Pedagang Capai Rp 95 Ribu Per Kg

Ia menambahkan bantuan TPS 3R ini diharapkan dapat mengurai polemik sampah di lingkungan Kabupaten Gianyar.

"Saat ini, hampir 60 persen TPS
telah beroperasi di Kabupaten Gianyar, kami berharap kehadiran TPS ini dapat menguraipermasalahan sampah yang ada di kawasan Kabupaten Gianyar," imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, PT Sucofindo secara simbolis juga menyerahkan bantuan sarana pendidikan pendidikan dini (PAUD) dan kepada Sekolah Dasar Negeri 1 Bresela.

Budi Hartanto menyampaikan bantuan TPS 3R ini merupakan wujud kepedulian dan dukungan PT Sucofindo melalui Unit Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) serta mendukung pemerintah dalam tercapainya sasaran Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

"Tempat Pengelolaan Sampah (TPS 3R), diharapkan menjadi solusi dalam mengatasi persoalan sampah dan dampak yang ditimbulkan. Selain itu pengelolaan sampah tersebut tidak hanya mengurangi pencemaran lingkungan, namun dapat menjadi nilai ekonomi yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar," ungkap Budi Hartanto.

Pembangunan Tempat Pembuangan Sampah (TPS 3R) ini juga dapat menciptakan Creative Sharing Value (CSV) bagi masyarakat maupun perusahaan, bagi masyarakat yaitu membukapeluang terkait pengelolaan sampah menjadi pupuk yang dapat memberi manfaat ekonomi untuk masyarakat.

Bagi perusahaan yaitu terbukanya peluang jasa uji laboratorium terhadap kualitas pupuk dan sertifikasi pupuk sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI).

“Penyerahan sumbangan berupa bantuan sarana pendidikan dini (PAUD) adalah wujud implementasi SNI ISO 2600 dengan melibatkan masyarakat sekitar dalam era sustainable development dan selaras dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan pada bidang pemastian pendidikan berkualitas," imbuhnya.

Perbekel Desa Bresela, Wayan Dirka merespon baik komitmen PT Sucofindo dalam mendukung kelestarian lingkungan serta pendidikan di Desa Bresela.

Ia juga menyampaikan terima kasih atas dukungan materi yang telah diberikan, semoga mampu meningkatkan produktifitas dan perekonomian masyarakat serta meningkatkan kualitas pendidikan sejak dini di Desa Bresela.(*)

BERITA LAINNYA

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved