Berita Gianyar

Siswi Pencuri Sesari di Pura Dalem Telepud Gianyar Telah Ditemukan, Motif ESP untuk Bayar SPP

Pencuri sesari di Pura Dalem Telepud Gianyar telah ditemukan, motif ESP melakukan pencurian ini untuk membayar SPP.

Tangkap layar
Tangkap layar seorang siswi terekam CCTV mencuri sesari di Pura Dalem Telepud, Kecamatan Tegalalang, Gianyar, Bali, kotak sesari pecah, Senin 20 Juni 2022 - Siswi Pencuri Sesari di Pura Dalem Telepud Gianyar Telah Ditemukan, Motif ESP untuk Bayar SPP 

TRIBUN-BALI.COM, GIANYAR - Siswi SLTA yang terekam CCTV mencuri sesari di Pura Dalem Telepud, Kecamatan Tegalalang, Gianyar, Bali, telah didatangi oleh Unit Reskrim Polsek Tegalalang ke rumahnya yang berada di kawasan Kecamatan Tegalalang, Selasa 21 Juni 2022 kemarin.

Pelaku ialah Ni Kadek ESP (16), merupakan siswi sekolah kejuruan di Tegalalang.

Motif ESP melakukan pencurian ini untuk membayar SPP.

Polsek Tegalalang pun akan mengupayakan jalan damai dalam kasus ini, mengingat pelaku masih berusia di bawah umur.

Baca juga: Seorang Siswi Terekam CCTV Curi Sesari di Pura Dalem di Tegalalang Gianyar

Kapolsek Tegalalang, AKP I Ketut Sudita menjelaskan, berdasarkan laporan pencurian sesari di Pura Dalem Telepud yang berada di kawasan Banjar Pujung, pihaknya langsung menugaskan Unit Ops Polsek Tegalalang melakukan penyelidikan, dengan dipimpin Kanit Reskrim Polsek Tegallalang, IPDA I Kadek Patra.

Saat berada di TKP, pihaknya melakukan interogasi terhadap saksi-saksi, mengamankan barang bukti, serta melihat rekaman CCTV yang ada di TKP.

Berbekal dari informasi saksi- saksi dan hasil rekaman CCTV, terlihat pelaku yang masuk ke areal Pura dengan ciri-ciri perempuan menggunakan seragam sekolah.

Di punggung baju sekolah bertuliskan singkatan sekolah, yang merupakan singkatan dari sebuah sekolah kejuruan di Tegalalang.

Selanjutnya unit opsnal Polsek Tegalalang melakukan koordinasi dengan pihak sekolah, dengan terlebih dahulu menunjukkan rekaman CCTV.

"Pihak sekolah membenarkan baju tersebut merupakan seragam olahraga di sekolahnya. Namun pihak sekolah tidak mengenali orang yang berada di pura tersebut," ujar AKP Sudita, Rabu 22 Juni 2022.

Namun, kata AKP Sudita, pihak sekolah mengungkapkan pada Senin atau saat kejadian pencurian berlangsung, ada beberapa murid yang masuk sekolah dalam rangka ekstra pramuka.

"Kami langsung mengorek informasi pada seorang murid yang saat ikut masuk sekolah. Dari sana, kami mengetahui identitas siswi yang masuk ke areal pura mengambil sesari dengan cara memecahkan kotak sesari yang terbuat dari kaca tersebut," ungkapnya.

Setelah itu, pihaknya pun mendatangi terduga pelaku ke rumahnya.

"Dalam interogasi, yang bersangkutan mengakui perbuatannya. Jumlah uang yang diambil sebanyak Rp 170 ribu. Usai mengambil sesari, pelaku langsung menuju ke sekolahnya untuk membayar tunggakan SPP," ungkap AKP Sudita.

Dikarenakan pelaku masih berstatus di bawah umur, pihaknya pun akan mengupayakan agar kasus ini bisa diselesaikan secara damai.

"Kami upayakan agar pihak adat mau menyelesaikan secara damai. Dan, kami berharap hal ini bisa menjadi pelajaran bagi semua pihak," tandasnya. (*).

Kumpulan Artikel Gianyar

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved