Sponsored Content

Tanda Tangani Addendum PKS Global Budget, Rumah Sakit Se-Klungkung Sepakati Perbaikan

Rumah sakit se-Kabupaten Klungkung sepakati beberapa perubahan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Global Budget dengan BPJS Kesehatan Cabang Klungkung

Istimewa
Tandatangani addendum PKS Global Budget, rumah sakit Se-Klungkung sepakati perbaikan 

 
TRIBUN-BALI.COM, KLUNGKUNG – Rumah sakit se-Kabupaten Klungkung sepakati beberapa perubahan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Global Budget dengan BPJS Kesehatan Cabang Klungkung, melalui penandatanganan addendum yang dilaksanakan di Nusa Penida 27 Juni 2022.

Melalui Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung, lima rumah sakit yang terdiri dari RSUD Klungkung, RSUD Gema Santi, RSU Bintang, RSU Permata Hati dan RSU Ghra Bakti Medika menyampaikan apresiasi dan dukungan terhadap uji coba program Global Budget.

Baca juga: Pemilu Serentak 2024, Pemilih Pemula di Klungkung Sekitar 30 Persen

“Kami sampaikan apresiasi dan mendukung atas pelaksanakan sistem Global Budget ini, dengan harapan kedepan akan tercapai kualitas layanan kesehatan yang sesuai dengan tugas dan tupoksi masing-masing Fasilitas Kesehatan (faskes), terutama terhadap peran dan fungsi dari Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) sebagai gate keeper, dan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) sebagai layanan spesialistik,” jelas dr. Ni Made Adi Swapatni. 

Lebih lanjut, Swapatni menyampaikan banyaknya penambahan layanan dari segi sarana prasarana dan SDM, tentunya juga diharapkan dapat menjadi pertimbangan dalam perhitungan budget di masing-masing FKRTL.

Di samping itu pula kendala, usulan dan solusi perlu dilakukan monev secara rutin bersama-sama agar uji coba sistem ini dapat berkembang ke arah yang lebih baik, dan bisa diterapkan di Kabupaten lainnya.

“Kami berharap masukan-masukan yang disampaikan rumah sakit dapat ditindaklanjuti oleh BPJS Kesehatan, begitu juga rumah sakit, apa yang belum terpenuhi dari hasil evaluasi BPJS Kesehatan hendaknya segera diperbaiki agar memenuhi ketentuan yang berlaku,” lanjut Swapatni.

Baca juga: Pengerukan di Klungkung Disoroti KPK, Pemilik Lahan Tergiur Penataan

Elly Widiani selaku Kepala BPJS Kesehatan Cabang Klungkung menyampaikan, sistem pembayaran Global Budget di Kabupaten Klungkung merupakan satu-satunya Kabupaten di Bali yang menjadi pilot project dan sudah berjalan selama dua tahun.

Saat ini belum diberlakukan sharing risiko atas kelebihan atau kekurangan dari budget yang telah disepakati.

Global Budget sendiri merupakan sistem pembayaran kepada FKRTL  berdasarkan pada pertumbuhan jumlah kasus, kapasitas rumah sakit, persentase casemix index, dan tingkat kepatuhan faskes.

Adapun jumlah kasus yang dihitung sebagai dasar perhitungan adalah dari klaim yang dibayarkan sejak pelayanan kurun waktu 5 (Lima) Tahun sebelumnya.

Perhitungan Budget yang dibuat menggunakan data layanan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Kabupaten Klungkung sampai dengan bulan April Tahun 2022, dengan harapan dapat memberikan gambaran yang mendekati dengan proyeksi biaya yang dibutuhkan oleh FKRTL di Kabupaten Klungkung. 

Baca juga: HILANG 12 Hari, NYOMAN SUMPAG Ditemukan Tak Bernyawa di KLUNGKUNG

“Evaluasi berkala terus dilakukan agar FKRTL lebih berbenah dari sisi kepuasan peserta dimensi layanan, tingkat kepatuhan menjadi komitmen faskes dengan tetap menjaga kendali mutu dan kendali biaya."

"Hal-hal yang belum tercapai agar segera ditindaklanjuti oleh rumah sakit, dan yang sudah baik tetap dipertahankan” tegas Elly.

Addendum kerja sama ini merupakan perubahan dari Perjanjian Kerja Sama sebelumnya yang telah ditandatangani pada 1 Desember 2021 oleh BPJS Kesehatan Cabang Klungkung dengan masing-masing Rumah Sakit se-Kabupaten Klungkung.

Addendum ini berlaku dari 1 Juni 2022 hingga 30 November 2022.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved