Human Interest Story

Alumnus SMAN Bali Mandara Lulus Terbaik IPDN 2022, Tu Adhi Sempat Bercita-cita Menjadi Guru

Seorang pemuda dari Banjar Dinas Kuta Bali, Desa Tajen, Kecamatan Penebel, Tabanan, berhasil membuat kebanggaan dalam bidang pendidikan.

istimewa
I Putu Adhi Suryanata. (ist). 

TRIBUN-BALI.COM - Seorang pemuda dari Banjar Dinas Kuta Bali, Desa Tajen, Kecamatan Penebel, Tabanan, berhasil membuat kebanggaan dalam bidang pendidikan.

I Putu Adhi Suryanata (22), warga banjar setempat, berhasil menyabet predikat cumlaude dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) tahun 2022 ini.

Tu Adhi, panggilan I Putu Adhi Suryanata, terpilih sebagai mahasiswa terbaik untuk Program Studi (Prodi) Praktik Perpolisian Tata Pamong IPDN.

Tu Adi mengatakan, ia masuk menjadi mahasiswa IPDN di Jatinangor, Bandung, Jawa Barat, pada tahun 2018. Ia merupakan alumnus dari SMA Negeri Bali Mandara, Kubutambahan, Buleleng.

I Putu Adhi Suryanata. (ist).
I Putu Adhi Suryanata. (ist). (istimewa)

Dari tiga fakultas yang ada di IPDN, yakni Fakultas Perlindungan Masyarakat, Dukcapil, dan Praktik Perpolisian Tata Pamong, Tu Adhi memilih yang terakhir.

Hal itu didasari oleh ketertarikan Tu Adhi pada hal-hal yang bersifat kemampuan fisik. Sebelumnya, sewaktu masih di SMP dan SMA, Tu Adhi mengikuti ekstrakulikuler pencak silat Perisai Diri.

“Pada SMP, saya menjadi juara 2 tingkat nasional dalam pertandingan pencak silat Perisai Diri. Jadi itu alasan saya kenapa memilih Perpolisian Tata Pamong, seperti Satpol PP. Di prodi ini, sangat terkait dengan fisik,” ucapnya saat dihubungi Tribun Bali, Minggu 31 Juli 2022. 

Pria kelahiran 27 April 2000 itu mengungkapkan, pencapaian cumlaude itu sendiri diambil dari tiga kriteria penilaian atau biasa disebut tritunggal terpusat.

Yakni, pengajaran, pengasuhan dan pelatihan. Nah, dari tiga penilaian itu, hasilnya dirata-rata, dan kemudian akan didapat siapa yang memiliki nilai terbaik atau cumlaude dari setiap jurusan atau prodi.

“Jadi, cumlaude itu penilaian dari gabungan ketiganya. Tidak hanya dari akademis tapi tiga-tiganya seimbang,” ungkapnya.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved