Breaking News:

Berita Jembrana

Kebakaran di Jembrana, Armada Damkar Hanya Ada Tiga Unit Dua Mobil Berusia 30 Tahun

Sebanyak 19 kejadian kebakaran terjadi di Jemnrana dalam kurun waktu 6 bulan ini. Peristiwa tersebut diakibatkan oleh berbagai hal dan terjadi di ruma

Made Coco
Suasana penanganan kebakaran di sebuah rumah kosong di Jalan Udayana, Kecamatan Negara, Jembrana, Senin 1 Agustus 2022 kemarin. 

NEGARA, TRIBUN BALI - Sebanyak 19 kejadian kebakaran terjadi di Jemnrana dalam kurun waktu 6 bulan ini.

Peristiwa tersebut diakibatkan oleh berbagai hal dan terjadi di rumah, hutan, hingga kendaraan.

Namun begitu, ternyata dengan jumlah kebakaran tersebut Pemkab Jembrana hanya memiliki 3 unit armada.

Mirisnya, dua unit mobil damkar berusia hampir 30 tahun.

Menurut data yang berhasil diperoleh, 19 peristiwa kebakaran terjadi pada periode Januari-Juli 2022 di sejumlah wilayah.

Suasana penanganan kebakaran di sebuah rumah kosong di Jalan Udayana, Kecamatan Negara, Jembrana, Senin 1 Agustus 2022 kemarin.
Suasana penanganan kebakaran di sebuah rumah kosong di Jalan Udayana, Kecamatan Negara, Jembrana, Senin 1 Agustus 2022 kemarin. (Made Coco)

Rinciannya, di Kecamatan Jembrana sebanyak 4 kejadian, 8 kejadian di Kecamatan Negara, di Kecamatan Mendoyo tercatat 3 kejadian. Kemudian di Kecamatan Pekutatan tercatat ada 3 kejadian dan di Kecamatan Melaya tercatat ada 1 kejadian.

Kasat Pol PP Jembrana, I Made Leo Agus Jaya menyebutkan, hingga saat ini jumlah rmada Damkar Jembrana yang masuk kategori efektif hanya ada 3 unit ditambah dua unit mobil tangki penyuplai air dengan total penampungan 5.000 liter air. Mirisnya, tahun pembuatan kendaraan penangana kebakaran itu pada 1994. Ada dua unit mobil damkar berusia 28 tahun dan satu unit lagi tahun 2015.

"Yang pembuatan 1994 itupun hibah dari Pemerintah Jepang dulu. Sehingga kami juga kesulitan terkait sparepartnya," jelas Leo Agus Jaya saat dikonfirmasi, Selasa 2 Agustus 2022.

Menurutnya, dengan kondisi armada yang sedemikian rupa masih bisa memberikan layanan terutama untuk wilayah kota meskipun agak kewalahan. Sehingga, ia berharap kedepannya bisa ditambah agar pelayanan bisa lebih maksimal.

"Artinya masih bisa tertangani dengan sekup kota kecil ini. Tetapi alangkah baiknya ada (armada) yang sehat lagi," ungkap Leo.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved