Tips Kesehatan

Tips Menjaga Kesehatan Ginjal dan Jantung, Berikut Penjelasan Dokter

Semua tindakan baik bagi ginjal dapat berpengaruh pada kesehatan jantung. Untuk itu, sangat memungkinkan menjaga kesehatan ginjal dan jantung bersamaa

PIXABAY
Tips Menjaga Kesehatan Ginjal dan Jantung, Berikut Penjelasan Dokter 

TRIBUN-BALI.COM - Semua tindakan baik bagi ginjal dapat berpengaruh pada kesehatan jantung.

Untuk itu, sangat memungkinkan menjaga kesehatan ginjal dan jantung secara bersamaan.

Hal ini diungkapkan dr Santi dari Medical Center Kompas Gramedia group. Misalnya dari segi makanan.


Dokter Santi menjelaskan, menghindari makanan mengandung garam dan gula yang tinggi dapat menjaga jantung dan ginjal secara bersamaan.

Baca juga: 10 Tips Mencegah Gagal Ginjal di Usia Muda, Berhenti Merokok Hingga Kurangi Asupan Garam

"Olahraga, bagus untuk jantung dan ginjal. Terus mengurangi garam dan gula, itu bagus untuk mengontrol tekanan darah, kadar gula dalam darah. Dan ini berpengaruh pada ginjal dan jantung," ungkapnya pada siaran Radio Sonora FM, Jumat (31/12/2021).

Dr Santi menyarankan untuk mengurangi konsumsi garam dan gula. Lalu rutin berolahraga dan jaga berat badan. Hal ini supaya berat badan jangan terlalu besar atau kecil.

Baca juga: Sering Menahan Kencing? Ini 4 Bahaya Menahan Kencing: Mulai Batu Ginjal Hingga Infeksi Saluran Kemih

Di sisi lain untuk menjaga kesehatan ginjal, dianjurkan tidak mengonsumsi alkohol. Lalu angan merokok atau terpapar asap rokok. Pada mereka yang merokok dianjurkan untuk di luar ruangan.

"Ruangan yang terpapar oleh asap rokok juga tetap beracun walau asap rokok dihilangkan. Sebaiknya sejauh mungkin di luar rumah," kata dr Santi menambahkan.

Di sisi lain, selalu menjaga kecukupan cairan. Untuk mengetahui tubuh cukup cairan sangatlah mudah. Tinggal melihat warna dan bau dari urin. Jika warna urin keruh atau oranye, berarti tubuh kekurangan cairan. (*)

 

Artikel lainnya di Tips Kesehatan

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Cara Mudah Menjaga Kesehatan Ginjal Sekaligus Jantung Sesuai Saran Dokter

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved