Berita Bali

BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bali Denpasar Ajukan Sebanyak 324 Ribu Lebih Penerima BSU Kemnaker

BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bali Denpasar Ajukan Sebanyak 324 Ribu Lebih Penerima BSU Kemnaker

KOMPAS.com/NURWAHIDAH
Ilustrasi uang. 

TRIBUN BALI.COM, DENPASAR - Bantuan Subsidi Upah untuk tenaga kerja dengan penerima upah dibawah Rp. 3,5 juta sudah mulai cair hari ini pada, Senin 12 September 2022.

Ketika dikonfirmasi, Kepala BPJamsostek Cabang Bali Denpasar, Opik Taufik mengatakan penerima BSU Kemnaker tersebut ketentuannya bukan dari BPJS Tenaga Kerja.

“Jadi yang berhak menentukan siapa yang menerima itu adalah Kementrian Tenaga Kerja, jadi penyedia data ini BPJS Ketenagakerjaan sesuai dengan Permenaker yang baru keluar,” ungkapnya pada, Senin 12 September 2022.

Ilustrasi
Ilustrasi (NURWAHIDAH/KOMPAS.COM)

Lebih lanjutn ia mengatakan jadi yang digunakan data BPJS Ketenagakerjaan dengan upah Rp. 3,5 juta kebawah dengan kepersertaan terakhir bulan Juli 2022 itulah syaratnya.

Yang memenuhi kualifikasi itu adalah calon penerima dengan catatan bukan penerima PKH dan penerima bantuan sosial lainnya.

“Kami tidak bisa cek siapa saja peserta kami yang udah masuk disitu. Kalau total untuk klasifikasi seluruh Indonesia yang sudah muncul tetapi kalau yang di Bali ini sejumlah 324.610 orang dari seluruh Kabupaten/Kota,” tambahnya.

Yang diajukan oleh BPJS nanti merupakan calon penerima dan dari Kementrian yang akan menyaring ulang sesuai dengan Permenaker.

BSU ini sudah mulai cair hari ini dengan nominal Rp. 600 ribu perorang.

Nantinya penerima hanya satu kali saja menerima BSU ini dan ini program lanjutan dari Tahun lalu.

“Jadi penerima ini bukan mendaftar, jadi kantor yang mendaftarkan sesuai dengan persyaratan tadi yakni upahnya Rp. 3,5 juta kebawah, belum dapat bansos dari pemerintah itulah yang dinggap layak menerima,” paparnya.

Jadi proses pemberian dari Kemnaker bukan ke BPJS Ketenagakerjaan. Namun datanya diberikan ke Bank Himbara diseluruh Indonesia untuk dilakukan proses transfer ke rekening yang bersangkutan.

“Itupun kami tidak sampai disana jadi untuk BPJS Ketenagakerjaan kami hanya memberikan data sesuai yang diminta berdasarkan permanaker yang keluar diantaranya upah dibawah 3,5 juta kepesertaan aktif terakhir Juli 2022,” tutupnya. (*)

 

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved