Berita Gianyar

Konvoi Bahayakan Keselamatan, KNPI Gianyar Ancam Diskualifikasi Sekolah Peserta Liga Futsal 2022

Liga Futsal Pelajar Gianyar 2022 digelar Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Gianyar, dalam pelaksanannya, banyak siswa konvoi yang membahayakan

Istimewa
Ketua DPD KNPI Gianyar, Komang Bramana Triwibawa 

TRIBUN-BALI.COM, GIANYAR - Liga Futsal Pelajar Gianyar 2022 digelar Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Gianyar dengan harapan menjadi tempat penyaluran karakter positif para pelajar SMA/SMK se Gianyar.

Namun di luar lapangan, kegiatan ini justru menjadi ajang penyaluran ego.

Sebab siswa dari beberapa sekolah peserta futsal, membuat resah pengguna jalan di Gianyar saat akan ke atau pulang dari GOR Kebo Iwa Gianyar yang menjadi tempat pertandingan. 


Para pelajar itu banyak yang konvoi menggunakan sepeda motor knalpot brong, saat di jalan mengibarkan bendera lambang tim futsal mereka, dan iring-iringan mereka juga menghabiskan badan jalan.

Baca juga: Bupati Gianyar Lantik Istri Jadi Kadisnaker, 40 Pejabat Dimutasi

Tak hanya itu, para siswa juga banyak yang terlihat tidak menggunakan helm.


Ketua DPD KNPI Gianyar, Komang Bramana Triwibawa, Selasa 20 September 2022 tak menampik adanya siswa demikian selama perhelatan yang dimaksudkan untuk menyambut Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober itu.

Bahkan Bram sendiri melihat secara langsung aksi para siswa itu.

Bram mengungkapkan, sebelum kegiatan berlangsung, pihaknya bersama Satlantas Polres Gianyar telah memberikan imbauan dan sosialisasi agar siswa mentaati aturan lalu lintas.


"Rupanya masih ada yang konvoi, mengibarkan bendera sambil berkendara, menghabiskan jalan dan ada banyak yang tak pakai helm. Saya sendiri sudah melihat, dan warga juga ada yang menyampaikan keluhan soal ini," ujarnya. 


Terkait hal tersebut, ada beberapa siswa yang telah ditegur, dan teguran itu juga telah disampaikan ke sekolahnya masing-masing.

Baca juga: Pendapatan PHR Gianyar Belum Pulih Dampak Obral Harga

Dalam memberikan sanksi tegas, Bram mengatakan pihaknya memiliki mekanisme. Yakni, teguran I dan II. Namun jika tetap membandel, apalagi sampai membahayakan keselamatan orang banyak, maka pihaknya pun akan mendiskuakifikasi sekolah siswa yang bersangkutan.

"Kalau teguran tak diindahkan, sanksi terberatnya adalah diskualifikasi sekolah. Artinya, selama dua tahun sekolahnya tidak boleh mengikuti kegiatan ini," tegasnya. 


Terkait kegiatan Liga Futsal Pelajar Gianyar 2022, Bram menjelaskan, kegiatan tersebut digelar dalam rangka menyambut Hari Sumpah Pemuda yang jatuh setiap tanggal 28 Oktober.

“Di mana ini juga rangkaian Bulan Bakti Pemuda. Kita ingin memberikan ruang berkreativitas kepada para pemuda di bidang sport, baik pemain futsal maupun bibit-bibit pemain futsal yang ada ditingkat SMA/SMK se-Kabupaten Gianyar,” ujarnya.


Turnamen ini berlangsung mulai tanggal 18 hingga 25 September 2022. Decara resmi kegiatan telah dibuka Minggu 18 September di GOR Kebo Iwa Gianyar dan dihadiri oleh Ketua Komisi IV DPRD Gianyar Ni Made Ratnadi, dan undangan lainnya.

“Dalam kegiatan ini kita juga bekerja sama dengan Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Gianyar ,” imbuhnya. (*)

 

 

 

Berita lainnya di Berita Gianyar

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved