Presensi Model Fingerprint vs Online, Mana yang Lebih Baik?

Berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang perbedaan dan kelebihan aplikasi absensi kehadiran online dan fingerprint.

Talenta.co
Aplikasi fingerprint vs absensi online, mana yang terbaik? 

TRIBUNNEWS.com – Apa Anda tahu perbedaan antara aplikasi presensi online dengan fingerprint? Secara umum, keduanya mempunyai fungsi yang sama, yaitu sistem yang digunakan perusahaan untuk memonitor kehadiran karyawan.

Kedua alat yang sudah terintegrasi secara digital tersebut juga dinilai lebih baik dibandingkan dengan sistem presensi manual yang masih menggunakan buku kehadiran.

Pada presensi manual, karyawan harus mencantumkan tanda tangannya sebagai salah satu sata kehadiran. Sementara itu, karyawan tinggal membubuhkan jari pada mesin atau aplikasi lewat aplikasi presensi online.

Aplikasi presensi kehadiran agar karyawan lebih disiplin

Mempunyai karyawan yang disiplin adalah aset yang berharga bagi keberlangsungan perusahaan. Kehadiran aplikasi presensi juga bisa membantu perusahaan menilai tingkat kedisiplinan dari beberapa aspek.

Sebagai contoh, perusahaan bisa mengetahui tingkat ketepatan waktu pada saat menyelesaikan pekerjaan, tugas yang sesuai penerapan standar-standar yang berlaku, sampai ke hal terkecil sekalipun.

Selain itu, penggunaan sistem aplikasi presensi akan menjadi salah satu metode yang populer di masa mendatang.

Sebab, sistem pendataannya dilakukan menggunakan data yang unik, yaitu dengan menggunakan sidik jari para karyawan sehingga dinilai akan jauh reliable.

Dengan menggunakan metode tersebut, perusahaan memerlukan mesin yang telah terprogram untuk dapat mengenali sidik jari karyawan sehingga bisa dipergunakan dengan baik.

Meski begitu, penggunaan dari metode fingerprint tidak begitu efektif jika perusahaan mempunyai banyak karyawan yang bekerja di lapangan dan jarang pergi ke kantor.

Banyak waktu, tenaga, dan biaya yang terbuang ketika karyawan diharuskan pergi ke kantor lalu ke lapangan. Ini juga bisa menjadi kendala bagi karyawan dan perusahaan karena tidak efisien.

Dewasa ini, perusahaan bisa menggunakan metode lain yang bisa memastikan karyawan tetap menjaga kehadiran dengan tepat waktu.

Metode inilah yang disebut sebagai aplikasi presensi kehadiran online yang menggunakan aplikasi khusus.

Perbedaan aplikasi presensi: fingerprint vs online

Berikut ini adalah kelebihan penggunaan fingerprint jika dibandingkan dengan presensi online.

1. Fingerprint cegah kecurangan

Pertimbangan pertama menggunakan aplikasi presensi adalah untuk meminimalkan tindak kecurangan.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved