Berita Bali

Strategi Pengamanan VVIP G20, Panglima TNI Pimpin Tactical Floor Game

Jelang G20, TFG sangat penting guna memantapkan kesiapan para unsur yang terlibat dalam rangka mengamankan even KTT G20

TB/Istimewa
Suasana pelaksanaan Tactical Floor Game (TFG) di Aula Prajaraksaka, Denpasar pasa Jumat 30 September 2022 - Strategi Pengamanan VVIP G20, Panglima TNI Pimpin Tactical Floor Game 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa memimpin penyusunan Tactical Floor Game (TFG) terkait pengamanan VVIP dalam gelaran G20.

Rapat digelar di Aula Prajaraksaka, Denpasar melibatkan personel gabungan TNI-POLRI, Jumat 30 September 2022.

Dalam tim ini, Andika Perkasa sekaligus menjadi Kepala Operasi Pengamanan VVIP. Dari unsur kepolisian, dihadiri oleh Dankor Brimob Komjen Anang Revandoko dan Kapolda Bali, Irjen Putu Jayan Danu Putra.

Andika Perkasa menuturkan, TFG digelar guna perencanaan awal tentang pelaksanaan pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

Baca juga: Jelang G20, Semua Papan Reklame Kadaluarsa dan Tak Berizin Diturunkan Satpol PP Badung

Ia mengatakan Tactical Floor Game ini bertujuan untuk perencanaan awal tentang pelaksanaan pengamanan baik Ring 1, 2 dan 3.

"Mungkin pada pelaksanaannya akan bergerak dinamis namun sekiranya dengan perencanaan awal ini maka pelaksanaannya pun tidak akan jauh berubah walaupun pada saat event KTT G-20 situasinya akan dinamis,” ucap Panglima TNI dalam siaran resmi yang diterima Tribun Bali.

Selain itu, TFG juga dapat digunakan sebagai wahana koordinasi dalam perencanaan operasi agar masing-masing Satgas mengetahui peran dan fungsinya untuk menyukseskan dan mendukung berjalannya kegiatan G20.

Kegiatan TFG diisi dengan pemaparan tugas, pemaparan alutsista dan personel di masing-masing satgas kepada Panglima TNI yang akan bertugas pada Ring 1 , 2 dan 3 pada saat event KTT G20 November nanti.

Sementara itu, Kapolda Bali, Irjen Putu Jayan Danu Putra mengatakan, TFG sangat penting guna memantapkan kesiapan para unsur yang terlibat dalam rangka mengamankan even KTT G20.

“Hal ini merupakan tahapan dengan prosedur dan mekanisme yang harus dilakukan dalam menjalankan latihan secara bertingkat dan berlanjut dari tahapan sebelumnya. Saya berharap pada kegiatan ini kita bisa menemukan hal-hal yang selama ini belum diprediksi,” ujar Kapolda Bali. (*).

Kumpulan Artikel Bali

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved