Berita Denpasar

Ditangkap Jadi Kurir Sabu, Buruh Harian Lepas Terancam 20 Tahun Penjara

Agus Sugianto (30) telah menjalani sidang dakwaan secara daring di Pengadilan Negeri (PN) Denpasar.

Shutterstock
Ilustrasi - Ditangkap Jadi Kurir Sabu, Buruh Harian Lepas Terancam 20 Tahun Penjara 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Agus Sugianto (30) telah menjalani sidang dakwaan secara daring di Pengadilan Negeri (PN) Denpasar.

Terdakwa yang bekerja sebagai buruh harian lepas didakwa karena nekat menjadi kurir sabu. Sebagaimana dakwaan yang dikenakan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU), terdakwa Agus terancam pidana penjara maksimal 20 tahun. 


"Dakwaan sudah kami bacakan. Terdakwa didampingi penasihat hukumnya tidak mengajukan eksepsi. Jadinya sidang lanjut ke pembuktian," jelas Jaksa Penuntut Umum (JPU) I Ketut Sujaya saat dihubungi, Senin, 3 Oktober 2022.

Baca juga: 13,44 Gram Sabu Diblender dengan Sabun, Kejari Buleleng: Kami Akan Gencarkan Lagi Penyuluhan


Jaksa dari Kejaksaan Tinggi (Kejati) Bali ini menyatakan, terdakwa dikenakan dakwaan subsidairitas.

Yakni dakwaan primair Pasal 114 ayat (2) Undang-Undang RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotik. 


"Subsidairnya, perbuatan terdakwa diatur dan diancam pidana sesuai Pasal 112 ayat (2) Undang-Undang  /RI No. 35 Tahun  2009  tentang Narkotik," terang Ketut Sujaya. 


Sementara itu dibeberkan dalam surat dakwaan JPU, terdakwa Agus dibekuk oleh tim Opsnal Direktorat Narkoba Polda Bali di kamar kos, Jalan Merpati, Tegal Kerta, Denpasar Barat, Senin, 20 Juni 2022, sekira pukul 20.25  Wita. Dari tangan terdakwa petugas mengamankan barang bukti sabu seberat 182,73 gram netto. 


Ditangkapnya terdakwa, bermula dari adanya informasi yang didapat petugas kepolisian jika di seputaran Jalan Merpati sering terjadi transaksi narkoba.

Baca juga: Ditangkap Kuasai 26 Paket Sabu, Suprapto Dituntut 7,5 Tahun Penjara

Berbekal informasi itu para petugas kepolisian melakukan penyelidikan dan pengamatan. 


Dari penyelidikan, petugas kepolisian berhasil meringkus terdakwa di kamar kosnya. Selanjutnya dilakukan penggeledahan, dan ditemukan 25 paket sabu seberat 182,73 gram netto.

Selain itu diamankan juga 1 bungkus potongan isolasi, 1 buah timbangan elektronik, 1 bendel plastik klip bening dan 2 unit ponsel yang digunakan terdakwa berkomunikasi untuk transaksi. 

Baca juga: Tangkap Tiga Pelaku Narkoba, Polres Klungkung Buru Satu Nama Pemasok Sabu di Klungkung


Ketika diinterogasi, terdakwa mengaku hanya menyimpan dan menguasainya namun pemilik sabu itu adalah seseorang yang bernama Togar (buron).

Pula diakui, terdakwa hanya bekerja mengambil paket sabu atas perintah Togar. 


Dari pekerjaan mengambil paket itu, memecah menjadi paket kecil dan menempelkan kembali, terdakwa menerima upah dari Togar sebesar Rp50 ribu sampai Rp100 ribu. (*)

 

 

Berita lainnya di Peredaran Narkotika di Bali

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved