Berita Klungkung

KMP Nusa Jaya Abadi Sementara Layani 1 Keberangkatan, Dilakukan Pemantauan Kondisi Pasca Docking

KMP Nusa Jaya Abadi Sementara Layani 1 Keberangkatan, Dilakukan Pemantauan Kondisi Pasca Docking

Tribun Bali/Eka Mita Suputra
Kapal roll on roll off (Roro) KMP Nusa Jaya Abadi saat berlabuh di Pelabuhan Padang Bai, Karangasem beberapa waktu lalu. 

TRIBUN0BALI.COM, SEMARAPURA- KMP (Kapal Motor Penumpang) Nusa Jaya Abadi sudah mulai melayani penyebrangan, Minggu (4/12/2022) lalu. 

Hanya saja sementara kapal "plat merah" tersebut melayani 1 kali keberangkan dari Pelabuhan Padang Bay, Karangasem menuju ke Pelabuhan Nusa Penida dan sebaliknya. Padahal sebelumnya KMP Nusa Jaya Abadi layani 2 kali keberangkatan setiap harinya.

Kepala Dinas Perhubungan Klungkung I Nyoman Sucitra mengungkapkan, KMP Nusa Jaya Abadi untuk sementara hanya melayani 1 kali keberangkatan. Hal ini untuk memantau kondisi kapal, pasca sebulan menjalani docking rutin dan perbaikan navigasi kapal.

"Sementara memamg layani 1 kali keberangkatan dulu, sampai memantau kondisi kapal setelah perbaikan rutin," ujar Sucitra, Nyoman Sucitra, Selasa (6/12/2022).

Dirinya tidak bisa memastikan kapan KMP Nusa Jaya Abadi bisa kembali melayani dua kali keberangkatan. Namun baginya lebih baik saat ini dilakukan pemantauan terhadap KMP Nusa Jaya Abadi. Apalagi pasca dilakukan docking, sempat terjadi masalah pada navigasi kapal sehingga dilakukan perbaikan kembali.

Docking KMP Nusa Jaya Abadi tahun ini dianggarkan Rp1,8 miliar dan memakan waktu selama sebulan. lambung kapal menjadi salah satu komponen yang mendapat prioritas dalam perawatan. 

Selain itu ada komponen lain yang dilakukan saat docking tahun ini, seperti pemeliharaan bawah air, mesin, ramp door, deck dan pengecatan, alat keselamatan dan sertifikasi juga menjadi prioritas. Namun Sucitra mengakui, perawatan kali ini belum mampu secara menyeluruh karena keterbatasan anggaran.

Dengan anggaran docking Rp1,8 miliar, perawatan secara menyeluruh belum dapat dilakukan, terhadap kapal 
yang selama ini melayani penyeberangan barang dari Nusa Penida ke Pelabuhan Padangbai, Karangasem dan sebaliknya. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved