Gempa Bali

Gempa Kembali Dirasakan, Para Pegawai Pemkab Klungkung Panik Keluar Gedung

Gempa Kembali Dirasakan, Para Pegawai Pemkab Klungkung Panik Keluar Gedung

Eka Mita Suputra
Gempa bumi membuat para pegawai di Kantor Setda Klungkung panik, Rabu (14/12/2022). 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA- Gempa bumi membuat para pegawai di Kantor Setda Klungkung panik, Rabu (14/12/2022). Para pegawai yang awalnya berada di dalam gedung, berlari mencari areal terbuka untuk menyelamatkan diri.

"Tadi ada dua kali gempa saya rasakan, cukup keras gempanya," ujar seorang pegawai, Novi.

Nafasnya saat itu terengah-engah, karena harus berlari turun dari lantai dua untuk mencari tempat terbuka saat gempa. Awalnyaa ia mendengar suara getaran pada jendela kantor. Menyadari itu gempa, ia langsung berlari menyelamatkan diri.

"Awalnya kecil, tapi selanjutnya lumayan terasa. Saat gempa teman-teman berlari semua, saya juga jadi ikut panik," ungkapnya.

Berdasarkan update gempa dari BMKG, gempa yang terjadi sekitar pukul 15.40 Wita tersebut bermagnitudo 4.4 SR. Gempa masih berpusat di Timur Laut Karangasem Bali, dengan kedalamam 10 km.

Gempa bumi ini akibat aktivitas sesar naik Flores atau Flores back arc thurst. Dilihat dari analisis mekanisme sumber gempanya, terjadi mekanisme pergerakan naik. 

BNPB mengimbau pemerintah daerah dan warga untuk selalu waspada dan siap siaga terhadap potensi bahaya gempa. Peristiwa ini tidak dapat dideteksi dengan pasti dan dapat terjadi setiap saat. 

"Warga yang wilayahnya berada di sekitar episenter gempa dapat melakukan pengecekan kondisi rumah sebelum memasukinya kembali. Pascagempa Karangasem ini, BNPB dan BPBD Provinsi Bali terus berkoordinasi dan memonitor BPBD di wilayah terdampak," ujar Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, Rabu (14/12/2022). (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved