Pilpres 2024

LSI Denny JA: 4 Dilema Hantui Surya Paloh dan Megawati, Ganjar Pranowo Kabinet Jokowi Jadi Faktor

Lembaga Survei Indonesia (LSI) Denny JA ungkap ada 4 faktor utama yang mempengaruhi peta politik jelang Pilpres 2024 mendatang

Tribun Jatim
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh bersama Anies Baswedan. LSI Denny JA: 4 Dilema Hantui Surya Paloh dan Megawati, Ganjar Pranowo Kabinet Jokowi Jadi Faktor 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASARLembaga Survei Indonesia ( LSI) Denny JA ungkap ada 4 faktor utama yang mempengaruhi peta politik jelang Pilpres 2024 mendatang.

LSI Denny JA menjelaskan 4 dilemma ini menghantui Surya Paloh dengan Partai NasDem dengan Megawati bersama PDI-P.

Bukan hanya soal elektabilitas Anies BAswedan yang tidak bisa mengalahkan Ganjar Pranowo, namun Partai NasDem juga akan menemui kendala dengan kabinet Jokowi.

Bukan hal yang rahasia kalau Surya Paloh adalah salah satu partai oposisi pemerintahan Jokowi sehingga Anies Baswedan yang digadang-gadang menjadi perubahan mungkin akan menemui rintangan.

Baca juga: Survei SMRC: Anies Baswedan Tak Tingkatkan Elektabilitas NasDem, Ganjar Pranowo Masih Tertinggi

Surya Paloh disebut sebagai salah satu dari empat pimpinan partai politik bakal menjadi king maker atau penentu peta politik pada Pilpres 2024.

Hal itu terungkap dalam temuan Lembaga Survei Indonesia ( LSI) Denny JA pada 10 hingga 19 Oktober 2022. Menurut LSI Denny JA, setidaknya ada empat dilema Surya Paloh menghadapi Pilpres 2024.

"Dilema pertama, Surya Paloh adalah kuat di suara yang beroposisi dengan Presiden Jokowi, tapi ia masih menjadi bagian dari pemerintahan Jokowi," tulis rilis LSI Denny JA, Rabu (21/12).

Selain itu, kata LSI Denny JA, Surya Paloh juga dilema apakah meninggalkan atau tetap bersama dengan kabinet Jokowi-Ma'ruf.

"Dilema kedua Surya Paloh, NasDem tetap di pemerintahan atau keluar dari pemerintahan agar tegas bahwa Anies Baswedan yang diusung membawa isu perubahan," ujarnya.

Kemudian, dilema ketiga adalah mengusung Anies sebagai Capres akan membawa slogan penerus atau antitesa Jokowi.

Baca juga: Poltracking Indonesia: Ganjar Pranowo Tertinggal, Anies Baswedan Raih Nilai Elektabilitas Tertinggi

"Dilema ketiga Surya Paloh, dalam mengusung Anies Baswedan akan membawa slogan penerus Jokowi atau antitesa Jokowi," ucap LSI Denny JA.

Terakhir, LSI Denny JA mengungkapkan Surya Paloh juga dilema apakah tetap bersama Koalisi Perubahan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Cawapres, atau bergabung ke Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama Golkar, PAN dan PPP.

"Dilema keempat Surya Paloh, menampung partai oposisi PKS atau Demokrat (dengan AHY sebagai cawapresnya Anies), atau memoderatkan diri bergabung dengan KIB dengan Airlangga Hartarto (Ketum Golkar) sebagai Cawapres," ungkapnya.

Survei ini digelar sejak 10 hingga 19 Oktober 2022 menggunakan riset kualitatif. Survei nasional ini menggunakan 1.200 responden pada 34 provinsi di Indonesia.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved