Pilpres 2024

Hasil Survei Terbaru: Charta Politika, Denny JA hingga SMRC Masih Unggulkan Ganjar Pranowo

Hasil lembaga survei terbaru yang dilakukan sepanjang bulan Desember 2022 kembali buktikan sosok Ganjar Pranowo miliki elektabilitas tertinggi

Tribunnews/Naufal Lanten
Hasil Survei Terbaru: Charta Politika, Denny JA hingga SMRC Masih Unggulkan Ganjar Pranowo 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR – Hasil lembaga survei terbaru yang dilakukan sepanjang bulan Desember 2022 kembali membuktikan bahwa sosok Ganjar Pranowo memiliki tingkat elektabilitas tertinggi.

Berbagai lembaga survei Indonesia seperti Charta Politika, Denny JA, hingga SMRC menghasilkan bahwa sosok Ganjar Pranowo masih memegang nilai elektabilitas tertinggi sebagai capres di Pilpres 2024.

Meskipun 3 nama besar yang selalu digadang-gadang akan maju dalam pemilihan seperti Anies Baswedan dan Prabowo Subianto, namun kedua sosok ini masih tertinggal jauh.

Seperti terlihat dalam survey terbaru yang dirilis oleh Charta Politika, nama Ganjar Pranowo berada di tingkat pertama dengan elektabilitas 31,7 persen.

Baca juga: LSI Denny JA: 4 Dilema Hantui Surya Paloh dan Megawati, Ganjar Pranowo Kabinet Jokowi Jadi Faktor

"Mas Ganjar dengan tingkat elektabilitas 31,7 persen. Puan Maharani 1,5 persen," ujar Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya dalam jumpa pers virtual, Kamis 22 Desember 2022 lalu.

Yunarto mengatakan, hasil tersebut berdasarkan pilihan responden terhadap 10 nama capres yang disediakan oleh Charta Politika.

Di antaranya seperti Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, Prabowo Subianto, Ridwan Kamil, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Sandiaga Uno, Puan Maharani, Khofifah Indar Parawansa, Erick Thohir, dan Airlangga Hartarto.

Kemudian, Yunarto mengungkapkan tingkat pengenalan dan kesukaan tokoh Ganjar Pranowo dan Puan Maharani.

Dari hasil survei, Ganjar Pranowo dikenali oleh 80 persen responden.

Dari total 80 persen itu, 94 persen responden suka dengan Ganjar Sementara Puan dikenali oleh 84 persen responden.

Baca juga: Survei SMRC: Anies Baswedan Tak Tingkatkan Elektabilitas NasDem, Ganjar Pranowo Masih Tertinggi

Kemudian, yang suka dengan Puan mencapai 73 persennya. Survei Charta Politika sendiri dilaksanakan dengan wawancara tatap muka pada 8-16 Desember 2022.

Total sampel responden yang diwawancarai secara valid berjumlah 1.220 orang. Dengan margin of error diperkirakan 2,82 persen.

Sedangkan di sisi lain, hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) Denny JA, juga mengungkapkan nama Gubernur Jawa Tengah tersebut masih menjadi sosok yang paling diminati oleh semua kalangan.

LSI Denny JA menunjukkan elektabilitas Ganjar adalah 25,8 persen, Prabowo 23,9 persen, dan Puan 2,9 persen.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved