Berita Buleleng

Dinas Kebudayaan Buleleng Pastikan Pekan Apresiasi Seni Tetap Dilaksanakan di Tahun 2023

Dinas Kebudayaan Buleleng Pastikan Pekan Apresiasi Seni Tetap Dilaksanakan di Tahun 2023

Ratu Ayu Astri Desiani
Sejumlah seniman saat pentas di Pekan Apresiasi Seni (PAS) RTH Taman Bung Karno. 

TRIBUN-BALI.COM, SINGARAJA - Meski tahun telah berganti, Dinas Kebudayaan Buleleng memastikan gelaran Pekan Apresiasi Seni (PAS) akan terus dilaksanakan setiap akhir pekan, di RTH Taman Bung Karno. Ini dilakukan oleh pihaknya sebagai bentuk  kewajiban pemerintah dalam melestarikan seni budaya

Kepala Disbud Buleleng, I Nyoman Wisandika pada Selasa (3/1) mengatakan, PAS yang telah dilaksanakan sejak 2022 lalu atau sejak RTH Taman Bung Karno diresmikan, kan terus dilanjutkan pada 2023 ini. Mengingat animo masyarakat yang masih antusias mendaftarkan diri untuk ikut serta tampil dalam panggung RTH Bung Karno itu.

“Antusiasme masyarakat sangat besar dengan melihat pengisian jadwal pentas sudah terisi melalui google form tepatnya tanggal 7 Januari dan 21 Januari. Mudah-mudahan sangga atau komunitas untuk tahun ini tetap menjaga semangatnya mengikuti pagelaran PAS ,” katanya. 

Sebagai dinas yang memfasilitasi bentuk pelestarian budaya, Wisandika juga mengajak para seniman terutamanya penari (pragina) yang belum mempunyai pengiring tabuh, akan di bantu untuk mengiringi dalam pementasannya di RTH Taman Bung Karno. Ini sebagai bentuk memberikan ruang bagi anak muda dalam berkesenian, terus berkarya dan membawa harum seni yang menjadi ciri khas gumi panji sakti.

Wisandika juga menyebut, PAS digelar tidak hanya untuk melestarikam budaya. Melalui program ini juga diharapkan dapat  menggeliatkan ekonomi masyarakat, dan akan terus dievaluasi. "Evaluasi sudah kami laksanakan dengan mendengar masukan dari para seniman. Rata-rata mengusulkam agar tata lampu di panggung dibenahi, ini akan segera kami tindaklanjuti," jelasnya.  (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved