Sampah Menumpuk Tanpa Dilakukan Pengolahan, Suwirta Sidak Lokasi TOSS Desa Gelgel

Bupati Suwirta mendapati TOSS Desa Gelgel tidak berproduksi sehingga sampah dari warga menumpuk begitu saja tanpa mendapat pengolahan

Sampah Menumpuk Tanpa Dilakukan Pengolahan, Suwirta Sidak Lokasi TOSS Desa Gelgel
Pemkab Klungkung
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) terhadap Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) Desa Gelgel kecamatan Klungkung dan Desa Gunaksa, Kecamatan Dawan Rabu (20/2/2019). 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) terhadap Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) Desa Gelgel, Kecamatan Klungkung dan Desa Gunaksa, Kecamatan Dawan, Rabu (20/2/2019).

Dalam pantauan itu, Suwirta mendapati TOSS Desa Gelgel tidak berproduksi.

“Saya sengaja pagi-pagi mendatangi lokasi TOSS tanpa pemberitahuan kepada pengelola untuk mengetahui kondisi yang sesungguhnya,” ujar Bupati Suwirta.

Dalam pantauannnya, Bupati Suwirta mendapati TOSS Desa Gelgel tidak berproduksi sehingga sampah dari warga menumpuk begitu saja tanpa mendapat pengolahan.

Baca: Gede Panca Senang Dapat Hadiah Mobil dari Berkah Energi Pertamina

Baca: Sebatang Kara, Janda 81 Tahun Ini Bertahan Hidup di Pulau Sengketa Korea Selatan dan Jepang

Jika hal ini dibiarkan terlalu lama, Bupati Suwirta khawatir sampah akan menghasilkan gas metan yang dapat menimbulkan kebakaran.

Bupati Suwirta menduga tidak bejalannya TOSS Desa Gelgel akibat gagalnya eksekutor di lapangan dalam mengelola para pekerja.

Menurut Bupati Suwirta, untuk meningkatkan gairah kerja para pekerja TOSS, pihak desa mestinya rutin memotivasi pengelola dan pekerja TOSS.

Pihak Desa juga mestinya berani membayar lebih, mengingat harga dari sebuah kesehatan sangat mahal.

Baca: Polisi Kroasia Temukan Mayat di Dalam Kulkas, Diduga Perempuan yang Menghilang 18 Tahun Lalu

Baca: Festival Imlek Banyuwangi Suguhkan Akulturasi Budaya

Atas Kondisi ini, Bupati Suwirta menginstruksikan Kadis LHP Agung Kirana untuk melakukan evalusi terhadap para pelaku/eksekutor TOSS yang tidak aktif.

Situasi berbeda ditemukan di TOSS Desa Gunaksa, dimana para pekerja yang berjumlah sekitar 15 orang tengah sibuk bekerja menggiling sampah yang telah melalui proses peyeumisasi.

Halaman
12
Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved