Mahasiswa Unud Teliti Istilah Bahasa Bali yang Mulai Memudar dan Hilang

Dalam pemaparannya, Devy mengungkapkan ada banyak istilah permainan tradisional yang mulai tergerus, bahkan sudah tak digunakan.

Mahasiswa Unud Teliti Istilah Bahasa Bali yang Mulai Memudar dan Hilang
Dok. Putu Eka Guna Yasa
Pelaksanaan seminar Linguistik di FIB Unud 

Laporan Wartawan Tribun Bali, I Putu Supartika

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Tiga mahasiswa Jurusan Bahasa Bali Unud memaparkan hasil penelitiannya tentang istilah dalam bahasa Bali dalam Seminar Linguistik, Senin (27/5/2019) di Ruang Ir. Soekarno, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana (FIB Unud).

Ketiga mahasiswa ini yakni Putu Devy Widayanti, I Gede Bagus Wistara Jaya Negara dan Ida Ayu Agung Tirtayani.

Putu Devy Widayanti memaparkan penelitiannya tentang Kamus Bali-Indonesia Bidang Istilah Permainan Tradisional Rakyat Bali.

Dalam pemaparannya, Devy mengungkapkan ada banyak istilah permainan tradisional yang mulai tergerus, bahkan sudah tak digunakan.

Sebagai sebuah dokumentasi kebahasaan, istilah dalam permainan tradisional dinyatakan turut berkontribusi pada pembentukan pola hidup masyarakat Bali.

Baca: Buda Prayuda dan Prastika Dewi Terpilih Sebagai Duta Bahasa Provinsi Bali 2019

Baca: Tujuh Ketentuan Dalam Stressing Kata Bahasa Rusia

"Dari sini juga dapat dirunut perubahan pola hidup masyarakat Bali yang terjadi, termasuk daya dukung ekologi Bali saat ini terhadap kehidupan masyarakat," kata Devy.

Ia memaparkan permainan tradisional Bali dapat dibagi menjadi permainan anak-anak, permainan dalam bentuk judi dan permainan tradisi yang digelar dalam waktu dan di daerah tertentu.

Dari hasil penelitiannya, banyak istilah permainan itu yang kurang dikenal, misal macinglak, majaksa-jaksaan, mabedil-bedilan, mageri-gerian, macepetan, dan lain-lain.

"Kata-kata ini tidak dikenal karena jartang lagi dimainkan, dan salah satu sebab jarang dimainkan itu lantaran lingkungan yang tidak lagi mendukung,” paparnya.

Halaman
12
Penulis: Putu Supartika
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved