Dibalik Jajanan Kekinian Seperti Bubble Drink Hingga Soft Drink, Waspada Terhadap Bahaya Diabetes

Dulu kita melihat diabetes sebagai faktor turunan. Ternyata tidak. Diabetes juga dipengaruhi lingkungan, bagaimana pola makan

Dibalik Jajanan Kekinian Seperti Bubble Drink Hingga Soft Drink, Waspada Terhadap Bahaya Diabetes
sparks-mag.com
ilustrasi Bubble Drink 

TRIBUN-BALI.COM - Dibalik jajanan kekinian seperti bubble drink hingga soft drink, ternyata perlu waspada terhadap bahaya diabetes.

Berikut penjelasan Dokter spesialis gizi klinik di RSCM, Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MS, MSc, SpGK (K).

Diabetes adalah penyakit kronis yang dapat menyebabkan komplikasi masalah kesehatan serius dan mampu menggerus harapan hidup.

Diabetes bisa diibaratkan "induk" dari segala penyakit degeneratif seperti stroke, hipertensi, jantung koroner, hingga disfungsi ereksi.

Dokter spesialis gizi klinik di RSCM, Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MS, MSc, SpGK (K) menjelaskan, makanan yang masuk ke dalam tubuh seharusnya diubah menjadi glukosa dan kemudian masuk ke dalam sel untuk diubah menjadi energi.

Boaz Salossa Hingga Mantan Kiper Persib, 7 Pesepak Bola Indonesia yang Kini Jadi PNS

KAGAMA Gelar Munas di Bali, Presiden Jokowi Dijadwalkan Hadir Untuk Membuka Acara

Namun, pada penyandang diabetes kemampuan memasukkan memasukkan gula ke dalam sel menurun.

Akibatnya, gula menumpuk di pembuluh darah, membuat seseorang merasakan sejumlah gejala seperti mudah lelah dan lemas, karena insulin tidak bekerja dengan baik.

Diabetes bisa dicegah melalui berbagai cara, seperti mengatur pola makan dan olahraga.

"Dulu kita melihat diabetes sebagai faktor turunan. Ternyata tidak. Diabetes juga dipengaruhi lingkungan, bagaimana pola makan, termasuk apakah makanan kita tinggi karbohidrat atau tidak," kata Dokter spesialis gizi klinik di RSCM, Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MS, MSc, SpGK (K) seusai acara diskusi bertajuk Gerakan Lawan Diabetes Bersama Dia di Lotte Shopping Avenue, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (13/11/2019).

Hal itu diungkapkan oleh Fiastuti dalam diskusi bertajuk "Gerakan Lawan Diabetes Bersama Dia" di Lotte Shopping Avenue, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (13/11/2019).

Halaman
123
Editor: Meika Pestaria Tumanggor
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved