Dukung Pelatihan Multilingual Bahasa, Pemerintah Amerika Serikat Siapkan 50 Trainer untuk 250 Guru

Pelatihan dari RELO ini bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Bali dan BASAbali Wiki untuk mempromosikan literasi dalam bahasa Bali, bahasa In

Dukung Pelatihan Multilingual Bahasa, Pemerintah Amerika Serikat Siapkan 50 Trainer untuk 250 Guru
Tribun Bali/Ni Kadek Rika Riyanti
Pembukaan Extensive Reading and Creative Writing Workshop oleh Regional English Language Office (RELO) Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta dan Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Surabaya di SMA Negeri 7 Denpasar 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Ni Kadek Rika Riyanti

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - SMA Negeri 7 Denpasar hari ini, Kamis (6/2/2020) kedatangan tamu penting dari Regional English Language Office (RELO) Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta dan Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Surabaya.

Kedatangannya ini perihal peluncuran Multilingual Reading and Creative Writing Workshop dalam perayaan Bulan Bahasa Bali yang bertempat di SMA Negeri 7 Denpasar, Jalan Kamboja No. 9, Dangin Puri Kangin, Kecamatan Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali.

Tiga Babi Mati Mendadak di Biluk Poh Kangin Jembrana

Tuntut Tolak RUU Omnibus Law, Kirab Akan Gelar Aksi Lebih Besar, Jika Gubernur Bali Tak Lakukan Ini

Siswa Kelas 3 SD Tewas dengan 2 Sayatan, Polisi Dalami Dugaan Adanya Kekerasan Seksual

Pelatihan dari RELO ini bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Bali dan BASAbali Wiki untuk mempromosikan literasi dalam bahasa Bali, bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris.

Pelatihan ini akan berlangsung selama dua hari, yakni 6 - 7 Februari 2020.

RELO menggandeng hampir 50 trainer atau yang mereka sebut dengan English Language Fellows (ELF), untuk memberikan pelatihan kepada 250 guru bahasa di tiga kabupaten dan satu kota.

China Hendak Jemput Warganya di Bali Gunakan Pesawat Boeing, Kru Diminta Tak Keluar Pesawat

Petugas Sweeping Anjing di Dua Desa Zona Merah Rabies di Gianyar

Pastikan Daging Babi Aman Dikonsumsi, Badung Turunkan 40 Petugas Pemeriksaan Jelang Galungan

“Kegiatan ini, mereka (RELO dan tim) adakan di tiga kabupaten dan satu kota, di antaranya Kabupaten Bangli, Kabupaten Karangasem, Kabupten Tabanan dengan masing-masing peserta 50 guru serta di Kota Denpasar dengan peserta sebanyak 100 guru,” ujar Kepala Sekolah SMA Negeri 7 Denpasar Cokorda Istri Mirah Kusuma Widiawati.

Adanya pelatihan ini, terang Cok Istri Mirah, bertujuan untuk meningkatkan kreativitas guru dalam mengajak anak didiknya lebih tertarik dalam membaca dan menulis sehingga nantinya mereka (para siswa) berhasil mengkondisikan diri agar bisa berkarya atau berinovasi di bidang bahasa.

Lowongan Kerja BUMN Terbaru, Pegadaian Hingga Hutama Karya

Seperti Sudah Diprediksi, Senat Amerika Serikat Loloskan Trump dari Pemakzulan

Konsulat-Jenderal Amerika Serikat - Surabaya Mark McGovern mengaku bangga menjalin kemitraan dengan Bali guna mendukung pendidikan bahasa bersama Dinas Pendidikan Provinsi Bali dan BASAbali Wiki.

“Kami membantu masyarakat mengembangkan keterampilan yang membuka pintu secara profesional dan pribadi melalui bahasa Inggris tapi tetap menghormati serta menjaga tradisi budaya dan bahasa Bali. Ini adalah salah satu dari banyak contoh hubungan yang mendalam dan abadi antara rakyat Amerika Serikat dan Indonesia,” ungkapnya.

Direktur Regional English Language Office Dr. Bradley Horn menjelaskan RELO akan memberikan sesi pelatihan yang berbeda-beda tetapi fokus pada bagaimana guru dapat mempromosikan membaca yang ditujukan untuk kesenangan dan penulisan kreatif dalam bahasa Bali, bahasa Indonesia, bahasa Inggris dengan menggunakan buku Luh Ayu Manik Mas yang diproduksi oleh BASAbali.

Dikira Kontraksi Palsu, Ibu Ini Melahirkan Saat Tes SKD CPNS, 15 Menit di UGD Bayinya Lahir

Imigrasi Ngurah Rai Tolak 17 WNA Masuk Bali, Mereka Telah Melakukan Perjalanan ke China

Perwakilan dari Gerakan Literasi Sekolah dan Asosiasi Membaca Ekstensif Indonesia juga berbagi informasi lebih lanjut untuk membantu guru-guru lokal meningkatkan kemampuan membaca dan menulis multibahasa siswa mereka.

“Melalui pelatihan ini RELO berharap untuk menunjukkan bahwa keterampilan literasi yang dikembangkan dalam satu bahasa dapat mendukung perolehan keterampilan yang sama dalam bahasa tambahan."

"Dengan cara ini, pengajaran bahasa nasional (Bahasa Indonesia) atau bahasa global (Bahasa Inggris) tidak perlu dilihat sebagai ancaman bagi bahasa lokal seperti Basa Bali, tetapi lebih sebagai cara untuk melestarikan dan memperkuat mereka,” kata Dr. Bradley Horn.

Lucunya, untuk menunjukkan ketertarikan Dr. Bradley Horn dan Mark McGovern terhadap bahasa Bali, keduanya menghaturkan kata “matur suksma” di akhir sambutan seraya bertanya apakah yang mereka katakan benar atau tidak yang disambung dengab tawa peserta. (*)

Penulis: Ni Kadek Rika Riyanti
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved