Corona di Bali

SWAB 18 Warga Bondalem Buleleng Positif Virus Corona, Desa Bondalem Diisolasi Hari ini

SWAB 18 Warga Bondalem Buleleng Positif Virus Corona, Bupati Buleleng Perintah Isolasi Desa

Pixabay
Ilustrasi Covid-19 - 10 Kasus Positif Corona di Jembrana, Kajari Usulkan Penambahan Satker Tangani Warga Meninggal Dunia 

TRIBUN-BALI.COM, SINGARAJA - Bupati Buleleng yang juga sebagai Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Buleleng, Putu Agus Suradnyana memutuskan untuk mengkarantina wilayah Desa Bondalem, Kecamatan Tejakula, mulai Minggu (3/5/2020) sore.

Karantina wilayah ini dilakukan menyusul adanya penambahan 15 warga di desa setempat yang hasil swabnya terkonfirmasi positif virus corona atau covid-19.

Sekda Buleleng, Gede Suyasa mengatakan, dari 15 warga yang terkonfirmasi positif itu, 14 diantaranya adalah pedagang di Pasar Desa Bondalem.

Sementara satunya lagi adalah anak dari Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dengan kode 18.

Dengan adanya penambahan PDP terkonfirmasi positif virus corona ini, Bupati pun mengambil kebijakan untuk mengkarantina wilayah itu selama 14 hari kedepan.

Artinya, warga tidak diperbolehkan untuk keluar atau masuk ke desa dengan jumlah penduduk sekitar 8.372 jiwa tersebut.

Secara resmi, karantina wilayah ini dimulai dilaksanakan Minggu (3/5/2020) sore.

Namun diperkirakan mulai efektif pada Senin (4/5/2020), sebab Perbekel akan melakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada masyarakat di Desa Bondalem.

"Warga di desa masih tetap bisa beraktivitas, seperti berkebun atau memberi pakan ternak. Diwajibkan menggunakan masker bila keluar rumah. Tidak boleh kumpul-kumpul. Jika ada kematian, tetap bisa melaksanakan upacara, namun jumlah peserta dibatasi hanya 25 orang. Polisi, anggota TNI, dan Satpol PP akan melakukan pemantauan tiap hari," jelas Suyasa.

Disisi lain, Bupati juga mengambil keputusan khusus untuk 28 KK yang lokasi rumahnya berdekatan dengan kediaman milik PDP 18, yang terletak di Dusun Celagi Batur, Desa Bondalem.

Halaman
123
Penulis: Ratu Ayu Astri Desiani
Editor: Aloisius H Manggol
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved