Corona di Bali

Pemprov Bali Mulai Buka Pembahasan Persiapan Pariwisata Pasca Pandemi Covid-19

Cok Ace mengatakan, pembahasan pariwisata new normal pasca pandemi perlu dilakukan mengingat era new normal membutuhkan persiapan yang banyak

Dokumentasi Pemprov Bali
Foto: Wakil Gubernur (Wagub) Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati melaksanakan webinar bersama anggota Bali Tourism Board (BTB) di ruang kerjanya, Senin (18/5/2020) 

Laporan Jurnalis Tribun Bali, I Wayan Sui Suadnyana

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Saat ini Bali masih sedang berada dalam situasi menghadapi pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Meski begitu pembahasan terkait berbagai kesiapan Bali dalam menghadapi pariwisata new normal pasca pandemi harus mulai dilakukan.

Wakil Gubernur (Wagub) Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace) mengatakan, pembahasan itu perlu dilakukan mengingat era new normal membutuhkan persiapan yang banyak dan detail.

“Kita tidak tahu kapan ini dibuka, kita tidak tahu kapan Bali reopening, apakah bulan depan, lagi 3 bulan, ataukah tahun depan, kita tidak bisa pastikan itu. Tapi kita harus sudah mulai buka wacana ini, mengingat begitu banyak hal yang harus kita persiapkan secara detail saat reopening itu," kata Cok Ace saat melaksanakan Webinaran bersama anggota Bali Tourism Board (BTB) di ruang kerjanya, Senin (18/5/2020).

20 Perawat Meninggal Saat Bertugas Tangani Pasien Covid-19, PPNI Khawatirkan New Normal

Saat Anggara Kasih Prangbakat, Ini Persembahan yang Dihaturkan

Masuki Bulan Kedua, Jadwal Tayang Belajar dari Rumah TVRI Selasa 19 Mei 2020 & Link Live Streaming

"Jika sudah dibahas mulai sekarang, kita sudah siap dan tahu langkah yang akan diambil manakala waktu itu tiba, kita sudah siap bertarung lagi terutama sektor pariwisata yang menjadi tumpuan ekonomi Bali,” imbuh Panglingsir Puri Ubud itu.

Menurutnya, ada tiga aspek penting yang perlu dipikirkan sejak awal dalam menghadapi era new normal pasca pandemi Covid-19.

Ketiga hal itu yakni waktu, biaya dan SDM.

Segenap komponen pariwisata Bali perlu memikirkan kapan waktu yang tepat untuk dibuka Pulau Dewata untuk kunjungan wisatawan.

Dengan adanya perubahan-perubahan protokol kesehatan yang menjadi tuntutan di era new normal maka perlu kalkulasi kembali biaya yang dibutuhkan di semua jasa usaha wisata.

Halaman
123
Penulis: I Wayan Sui Suadnyana
Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved