Breaking News:

Luapan Air Laut di Perairan Bali

Penjelasan BBMKG Wilayah III Denpasar Soal Fenomena Banjir Rob di Sejumlah Pantai di Bali

Begini penjelasan BBMKG Wilayah III Denpasar soal fenomena banjir rob di sejumlah pantai di Bali terjadi siang ini, Rabu (27/5/2020)

Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin
Beberapa orang tampak tengah melihat gelombang tinggi di Pantai Kuta, Badung, Bali, Rabu (27/5/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN-BALI.COM, BADUNG - Fenomena banjir rob di sejumlah pantai di Bali terjadi siang ini, Rabu (27/5/2020), namun hal itu tidak berkaitan dengan gempa bumi 4,4SR yang terjadi di Buleleng.

 “Tidak ada kaitannya. Banjir rob disebabkan hal lain akibat adanya aktivitas pasang air laut, kondisi gelombang tinggi dan curah hujan tinggi dapat memengaruhi dinamika pesisir di wilayah Indonesia berupa banjir pesisir (rob),” jelas Kepala Bidang Data dan Informasi BBMKG Wilayah III Denpasar, Iman Fatchurochman, Rabu (27/5/2020).

Masyarakat pesisir pantai diimbau waspada adanya fenomena banjir pesisir atau banjir rob yang diprediksi terjadi mulai hari ini hingga besok 28 Mei 2020.

Waspada Banjir ROB di Pesisir Selatan Bali Rabu Hingga Kamis Besok

BREAKING NEWS Air Laut di Perairan Jembrana Meluap, Kini Hanya 10 Meter dari Jalan

Wilayah yang diprediksi mengalami banjir rob, yakni pesisir barat Lampung, pesisir selatan Bali dan pesisir selatan NTB.

“Hal ini dapat berdampak pada terganggunya transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktivitas petani garam dan perikanan darat, serta kegiatan bongkar muat di pelabuhan,” tambahnya.

Masyarakat diimbau selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari banjir rob serta selalu meng-update informasi cuaca maritim dari BBMKG Wilayah III .

“Selain waspada banjir pesisir atau banjir rob, juga waspadai potensi tinggi gelombang laut yang mencapai lebih dari 2 meter atau lebih di Selat Bali bagian Selatan, Perairan Selatan Bali, Selat Badung, Selat Lombok dan Samudera Hindia Selatan Bali,” imbuh Iman.

(*)

Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved