Breaking News:

Corona di Bali

Soal Wacana Bali Dibuka untuk New Normal, Koster Minta Pemerintah Pusat Tak Memutuskan Sepihak

Arahan itu diberikan karena Bali masuk ke dalam delapan provinsi yang rencananya dibuka untuk menjalankan kehidupan normal baru (new normal)

dok.Pemprov Bali
Gubernur Bali Wayan Koster 

Laporan Jurnalis Tribun Bali, I Wayan Sui Suadnyana

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali mendapatkan arahan dari pemerintah pusat dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) tingkat nasional.

 Arahan itu diberikan karena Bali masuk ke dalam delapan provinsi yang rencananya dibuka untuk menjalankan kehidupan normal baru (new normal).

Selain Bali, tujuh daerah lain yang rencananya akan dibuka untuk new normal yakni Aceh, Riau, Kalimantan Utara, Maluku Utara, Jambi, DKI Jakarta dan Kepulauan Riau.

Dalam membuka suatu wilayah untuk menerapkan kehidupan new normal ini, Gubernur Bali Wayan Koster meminta agar pemerintah pusat tidak menetapkannya secara sepihak.

Pelaksanaan PPDB SMP di Bangli Digelar Selama Dua Pekan, Begini Mekanisme Pendaftarannya

Penyebab Tunjangan untuk Tenaga Medis Corona Belum Bisa Dicairkan, Begini Penjelasan Kemenkeu

Pemkab Badung Tunggu Kebijakan Provinsi Mengenai Tindaklanjut Penutupan Pariwisata

 Permintaan itu Koster sampaikan dalam rapat secara daring dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto beberapa hari lalu.

"Jadi kami juga bicara dengan Bapak Menko, jangan pemerintah pusat menetapkan secara sepihak, tapi harus atas kajian dan analisa dari pemerintah daerah," kata Koster saat ditemui usai mengikuti rapat paripurna di Gedung DPRD Bali, Jum'at (29/5/2020).

Permintaan tersebut dilayangkan karena Koster melihat bahwa pemerintah daerah yang paling mengetahui lapangan dan punya tanggung jawab langsung terhadap situasi dan kondisi yang dijalankan dalam konteks penanganan Covid-19.

Di sisi lain, Koster belum bisa memberi kepastian kapan rencananya Bali akan dibuka, sebab pihaknya saat ini masih melalukan proses pemetaan.

Nantinya jika sudah siap, Bali akan dibuka secara bertahap, terbatas dan selektif.

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved