Breaking News:

Serikat Pekerja Pariwisata Minta Pemprov Tunda Penerapan Kontribusi Wisatawan

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali bakal menerapkan Kontribusi Wisatawan untuk Perlindungan Alam dan Budaya Bali dalam waktu dekat.

Istimewa
FGD Virtual "Strategi Peningkatan Wisatawan di Era Tatanan Baru" digelar Pusat Studi Universitas Pendidikan Nasional Denpasar (PSU) Rabu (15/7/2020) 

Laporan Jurnalis Tribun Bali, I Wayan Sui Suadnyana

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Seperti diketahui, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali bakal menerapkan Kontribusi Wisatawan untuk Perlindungan Alam dan Budaya Bali dalam waktu dekat.

Namun, Pengurus Daerah Federasi Serikat Pekerja Pariwisata Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (PD FSP PAR-SPSI) Provinsi Bali menunda penerapan aturan tersebut.

Ketua PD PSP PAR SPSI Bali, Putu Satyawira Mahaendra mengatu, pariwisata butuh dua hal utama, yakni kenyamanan dan keamanan.

Dengan adanya pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), Bali bisa dikatakan aman dan nyaman perlu kepastian kepada wisatawan terkait regulasi.

"Kalau dibilang Bali aman pastinya kita bilang aman. Tapi tidak boleh takabur, dengan banyaknya pekerja yang tidak bekerja kemungkinan penyakit sosial seperti kriminalitas apalagi Bali heterogen perlu perhatian semua pihak," papar Satyawira dalam dalam Focus Group Discussion (FGD) Virtual Terbatas mengangkat tema "Strategi Peningkatan Wisatawan di Era Tatanan Baru" yang digelar Pusat Studi Universitas Pendidikan Nasional Denpasar, Rabu (15/7/2020).

Status Gunung Agung Diturunkan ke Level Waspada, Boleh Didaki Tapi Tidak Lebih dari Radius Ini

Mobil Goyang di Depan Rumah Dinas Wakil Bupati, Satpol PP Temukan ABG Tengah Berduaan

Ingatkan Protokol Kesehatan, Lantas Polres Badung Bagi-Bagi Masker di Pasar

Menurutnya, kenyamanan akan dirasakan berbeda oleh wisatawan jika tidak ada kepastian regulasi.

"Kami ingin biaya yang dikenakan kepada wisatawan dicarikan solusi, dibebankan pada pemerintah agar ada daya tarik wisatawan datang ke Bali," pintanya.

Terkait hal ini, PSP Par SPSI Bali berharap pelaksanaan pungutan/kontribusi wisatawan pada pelestarian budaya Bali hendaknya ditunda dulu penerapannya.

"Sebab Bali harus bersaing dengan banyak negara datangkan wisatawan," katanya.

Halaman
12
Penulis: I Wayan Sui Suadnyana
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved