Breaking News:

Begini Cara Penanganan Penyakit Saraf Akibat Menderita Diabetes Melitus

Menurut World Health Organization (WHO), ada sekitar 900 juta orang di dunia menderita DM (12% dari populasi) pada 2015.

net
Ilustrasi Diabetes 

TRIBUN-BALI.COM - Diabetes melitus (DM) adalah penyakit metabolik dengan karakteristik kadar gula darah tinggi yang diakibatkan oleh gangguan sekresi insulin atau terjadinya resistensi insulin.

Berbagai penelitian epidemiologi menunjukkan ada kecenderungan peningkatan penderita DM di dunia.

Menurut World Health Organization (WHO), ada sekitar 900 juta orang di dunia menderita DM (12% dari populasi) pada 2015.

Pada tahun 2050 jumlah ini diperkirakan akan meningkat hingga mencapai 22%.

Kegiatan Keagamaan Berpotensi Jadi Klaster Baru Penularan Covid-19, Jumlah Peserta Harus Dibatasi

Kabareskrim: Walau Teman Satu Angkatan, Kami Tak Pernah Ragu Tindak Tegas Tanpa Pandang Bulu

Desa Sumerta Kaja 3 Bulan Pertahankan Zona Hijau Covid-19

Di Indonesia sendiri diperkirakan jumlah penderita DM adalah 8,4 juta orang di tahun 2000, yang akan meningkat menjadi 21,3 juta orang di tahun 2030.

Pada wanita, prevalensi DM didapatkan lebih tinggi (21-32%) dibandingkan pria.

Banyak risiko komplikasi yang dapat terjadi pada penderita Diabetes Melitus, terutama dengan gula darah dan HbA1C yang tidak terkontrol dengan baik.

Itu sebabnya, Pengurus Pusat Apoteker Indonesia bekerjasama dengan klinik Hayandra dan Ispi Penerbitan melakukan webinar bertajuk Penanganan Komprehensif Penyakit Saraf terkait Diabetes Melitus pada Minggu (19/7/2020).

Anastasia Maria Loho, dokter spesialis saraf di Klinik Hayandra menjelaskan, komplikasi pada DM ini terbagi menjadi 2 yaitu komplikasi makrovaskular dan mikrovaskular.

Komplikasi makrovaskular meliputi, penyakit serebrovaskular (stroke), jantung, dan gangguan pembuluh darah perifer (peripheral artery disease), sedangkan komplikasi mikrovaskular dapat berupa gangguan saraf tepi (neuropati), gangguan ginjal (nefropati) ataupun gangguan pada mata (retinopati).

Halaman
123
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved