Breaking News:

Pembangunan Pelabuhan Segitiga Emas

BREAKING NEWS Menhub Resmikan Pembangunan Pelabuhan Berkonsep Segitiga Emas di Bali

Pembangunan pelabuhan itu, diharapkan menjadi proyek strategis dalam pembangunan pariwisata di Nusa Penida

Tribun Bali / Eka Mita Suputra
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, bersama Gubernur Bali I Wayan Koster, dan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta disela-sela peletakan batu pertama pembangunan Pelabuhan Sampalan, Nusa Penida, Senin (3/7/2020) 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menghadiri acara peletakan baru pertama pembangunan Pelabuhan Segitiga Emas di Pelabuhan Sampalan, Desa Batununggul, Nusa Penida, Senin (3/7/2020).

Pembangunan pelabuhan itu, diharapkan menjadi proyek strategis dalam pembangunan pariwisata di Nusa Penida

Pelabuhan Segitiga tersebut dibangun di tiga lokasi, yakni di Pelabuhan Sampalan (Nusa Penida, Klungkung), Pelabuhan Nusa Bias Munjul (Nusa Ceningan ), dan Pelabuhan Sanur (Denpasar).

Pembangunannya dilakukan bertahap dengan sistem multiyears. Pembangunan tahap pertama dilakukan di Pelabuhan Sampalan Nusa Penida, dengan anggaran Rp 86 milar, lalu di Pelabuhan Bias Munjul dianggarkan Rp105 miliar.

"Presiden memberikan perhatian khusus pada Bali, dan pembangunan dua pelabuhan ini semoga bisa rampung selama 9 bulan kedepan," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, disaat acara pelatakan batu pertama pelabuhan Sampalan. 

Digagas Sejak 2017

Rencana pembangunan Pelabuhan Segitiga Emas ini sebenarnya sudah digagas sejak tahun 2017 lalu.

Menyusul ditetapkannya Pulau Nusa Penida sebagai salah satu KSPN (Kawasan Strategis Pariwisata Nasional).

Pelabuhan ini dikonsep mengkoneksikan tiga pulau, yakni Pulau Bali daratan, Pulau Nusa Gede (Nusa Penida) dan Pulau Nusa Ceningan-Lembongan (Kecamatan Nusa Lembongan).

Tujuan utamanya tentu untuk memperlancar akses ekonomi masyarakat di wilayah kepulauan tersebut, dan untuk menunjang pariwisata Bali.

Halaman
1234
Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved