Breaking News:

Corona di Bali

4 Data dan Fakta Dampak Covid-19 terhadap Ekonomi Bali, Pariwisata Merugi Rp 9,7 Triliun Per Bulan

Pertumbuhan yang lambat ini disebabkan oleh penurunan tajam pendapatan dari sektor utama Bali yaitu pariwisata

Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin
Wakil Gubernur (Wagub) Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace), menyambut kedatangan wisatawan nusantara/domestik di terminal kedatangan domestik Bandar Udara (Bandara) Internasional I Gusti Ngurah Rai, Jumat (31/7/2020). 

Laporan Jurnalis Tribun Bali, I Wayan Sui Suadnyana

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) membawa dampak yang signifikan bagi semua aspek kehidupan masyarakat, baik secara ekonomi, sosial, dan budaya di Provinsi Bali.

Namun Bali tentu saja bukan satu-satunya yang mengalami tantangan ini, seluruh dunia juga menghadapi kesulitan yang sama.

Berikut ini data dan fakta dampak Covid-19 terhadap ekonomi Bali seperti yang disampaikan Wakil Gubernur Bali ( Wagub Bali ), Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace).

Muncul Penyebaran Covid-19 Klaster Upacara, Sudiana : Kami di PHDI Sudah Imbau dari Awal

1. Pertumbuhan ekonomi minus 1,14 persen

Suasana Pasar Badung, Selasa (14/4/2020)
Suasana Pasar Badung, Selasa (14/4/2020) (Tribun Bali/Putu Supartika)

Cok Ace mengatakan, pertumbuhan ekonomi Bali pada triwulan I tahun 2020 minus sebesar 1,14 persen dan merosot ke angka minus 10,98 persen pada triwulan II tahun 2020.

"Pertumbuhan yang lambat ini disebabkan oleh penurunan tajam pendapatan dari sektor utama Bali yaitu pariwisata," kata Cok Ace saat menjadi salah satu pembicara kunci dalam Internasional Web Seminar bertajuk “Empowering Creative Industry to Rejuvenate the Economy During and After Covid-19 Pandemic” yang digelar oleh Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Udayana (FEB Unud), Jumat (4/9/2020).

POPULER: UPDATE Pasien Positif Covid-19 di Bali 985 Orang, Cawabup Karangasem Isolasi Mandiri

2. Kunjungan Wisman ke Bali menurun hingga 99,97 persen

Suasana pertunjukan tari kecak di stage atraksi seni dan budaya di Obyek Wisata Pantai Pandawa, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Jumat (4/9/2020).
Suasana pertunjukan tari kecak di stage atraksi seni dan budaya di Obyek Wisata Pantai Pandawa, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Jumat (4/9/2020). (Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin)

Cok Ace juga menyebutkan, jumlah wisatawan mancanegara ke Bali telah menurun sejak awal pandemi hingga 99,97 persen pada Mei 2020.

Akibatnya Bali mengalami kerugian sekitar Rp 9,7 triliun setiap bulan dari sektor pariwisata saja.

Cok Ace Nilai Bali Punya Potensi Luar Biasa sebagai Destinasi Pariwisata Kesehatan Global

Halaman
123
Penulis: I Wayan Sui Suadnyana
Editor: Kambali
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved