Breaking News:

Nasabah Cenderung Pilih Simpan Dana di Tabungan Ketimbang Deposito pada Masa pandemi, Ini Alasannya

Peningkatan itu lebih tinggi bila dibandingkan dengan penempatan dana di deposito yang hanya tumbuh 5,5% yoy pada periode yang sama.

Pixabay
Ilustrasi deposito. 

TRIBUN-BALI.COM - Dalam situasi pandemi Covid-19, mayoritas nasabah lebih nyaman menyimpan sebagian besar dananya dalam bentuk tunai agar pemanfaatannya lebih fleksibel.

Hal ini bisa terlihat dari pesatnya pertumbuhan dana tabungan di perbankan.

Merujuk data Bank Indonesia (BI), per Juli 2020 total dana tabungan sudah mencapai Rp 2.001,3 triliun atau meningkat 8,2% secara tahunan atau year on year (yoy).

Peningkatan itu lebih tinggi bila dibandingkan dengan penempatan dana di deposito yang hanya tumbuh 5,5% yoy pada periode yang sama.

Pemerintah Terbitkan PP Pelonggaran Iuran BPJS Ketenagakerjaan, Begini Tanggapan Pengusaha

Dewata United Menang Besar Hadapi Bali Mania FC di Lapangan Sidakarya

10 Provinsi Penerima Bantuan Subsidi Gaji Terbanyak, Bali Urutan ke-9

Bila dirinci berdasarkan golongan nasabahnya, peningkatan tabungan ditopang dari pertumbuhan dana perorangan yang naik 8,3% yoy dan korporasi yang tumbuh 8,2% yoy.

Beberapa bankir yang dihubungi Kontan.co.id, membenarkan bahwa di situasi tak menentu seperti sekarang ada beberapa nasabah yang memilih untuk memindahkan dananya dari deposito ke tabungan.

"Memang benar nasabah banyak memindahkan depositonya ke tabungan, dengan tujuan untuk jaga-jaga pengeluaran karena kondisi saat ini," kata Sekretaris Perusahaan PT Bank BNI Syariah Bambang Sutrisno kepada Kontan.co.id, Senin (7/9/2020).

Bila ditelisik per Juli 2020 total dana tabungan di BNI Syariah saat ini sudah mencapai Rp 21,97 triliun meningkat sebanyak 22,05% secara tahunan.

Sementara total deposito ada di kisaran Rp 14,34 triliun relatif stagnan dari posisi tahun lalu, hanya naik 0,43% yoy.

 Tapi, menurut Bambang pergeseran dana bukan menjadi satu-satunya penyebab tabungan meningkat pesat.

Halaman
1234
Editor: Wema Satya Dinata
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved