Breaking News:

Ngopi Santai

Makan Are Gau Bersama Jakob Oetama

Jakob Oetama dan Frans Seda bersahabat karib. Persahabatan yang unik. Satu berwatak NTT (Flores) yang keras, bicara lugas, blak-blakkan.

Dokumentasi Pribadi / Dion DB Putra
Foto kenangan bersama Jakob Oetama, Frans Seda, August Parengkuan di Lekebai, Sikka, Flores, 27 Oktober 2005. 

TRIBUN-BALI.COM - “Dion, tugasmu menulis kunjungan Pak Jakob Oetama ke Flores. Kau harus sudah berada di Maumere paling lambat sehari sebelum kedatangan beliau bersama sahabatnya Pak Frans Seda.”

Om Damyan Godho, Pemimpin Umum Harian Pagi Pos Kupang, memberitahu saya pagi itu setelah kami menikmati kopi hangat di ruang kerjanya, hari Selasa 25 Oktober 2005.

Rabu siang 26 Oktober 2005 saya menjejakkan kaki di kota nyiur melambai Maumere manise.

Langsung bergegas mengoleksi data tambahan tentang Flores, Kabupaten Sikka, STFK Ledalero, Nilo, Lekebai dan lain-lain.

“Pak Jakob akan menanyakan hal-hal seperti itu. Dion jangan sampai gagap menjawab pertanyaan beliau,” pesan Om Damy.

Hari Kamis pagi 27 Oktober 2005, pendiri Kompas Gramedia dan Pemimpin Umum Harian Kompas, Jakob Oetama, Frans Seda dan rombongan kecil tinggalkan Kota Kupang menuju Maumere.

Saya sudah berada di Bandara Waioti, kini berganti nama jadi Bandara Frans Seda setelah beliau meninggal tahun 2009, kira-kira 45 menit sebelum pesawat Trans Nusa yang ditumpangi Pak Jakob mendarat.

Saya tak sudi telat. Ini momen bersejarah.

Kunjungan dua tokoh nasional Frans Seda dan Jakob Oetama ke Flores setelah sebelumnya beliau berdua ke Pulau Timor. Tepatnya di Kupang ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Di Kupang keduanya menyampaikan gagasan besar tentang menemukan kembali Indonesia dalam seminar nasional di Hotel Kristal. Total lima hari mereka ke Provinsi Nusa Tenggara Timur, 26-30 Oktober 2005. Itulah kunjungan pertama dan terakhir kedua tokoh besar tersebut ke NTT.

Halaman
1234
Penulis: DionDBPutra
Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved