Breaking News:

Virus Corona

Wanita Berusia 50-60 Tahun Berisiko Tertinggi Terinfeksi Covid-19 Lebih Lama Daripada Pria

Secara umum, wanita dua kali lebih mungkin menderita gejala Covid-19 yang berlangsung lebih dari sebulan dibandingkan pria.

Editor: Eviera Paramita Sandi
Istimewa
Ilustrasi pasien Covid-19 yang sembuh dari infeksi virus corona SARS-CoV-2 mendonorkan plasma darahnya untuk terapi plasma konvalense (plasma sembuh) 

TRIBUN-BALI.COM - Wanita berusia 50-60 tahun berada pada risiko tertinggi mengalami infeksi Covid-19 yang lebih lama.

Wanita pada usia lanjut dan mengalami lima gejala atau lebih pada pekan pertama terinfeksi virus corona.

Hal ini juga dikaitkan dengan peningkatan risiko masalah kesehatan yang bertahan lama.

Studi yang dipimpin Dr Claire Steves dan Prof Tim Spector di King's College London menganalisis data dari 4.182 pengguna aplikasi COVID Symptom Study yang secara konsisten mencatat kesehatan mereka yang dinyatakan positif terpapar virus.

Secara umum, wanita dua kali lebih mungkin menderita gejala Covid-19 yang berlangsung lebih dari sebulan dibandingkan pria.

Bertambahnya usia juga dikaitkan dengan peningkatan risiko Covid-19, dengan sekitar 22 persen orang berusia di atas 70 tahun menderita penyakit yang disebabkan virus SARS-CoV-2 selama empat minggu atau lebih, daripada dengan 10 persen orang berusia 18-49 tahun.

Sementara itu, wanita berusia 50-60 tahun, delapan kali lebih mungkin mengalami gejala virus corona yang bertahan lama dibandingkan dengan yang berusia 18-30 tahun.

Namun, perbedaan terbesar antara pria dan wanita terlihat di antara mereka yang berusia 40-50 tahun, di mana wanita berisiko terkena virus corona yang lama dari pria.

"Ini merupakan pola yang mirip dengan apa yang dilihat pada penyakit autoimun," ujar Spector seperti dikutip dari The Guardian, 21 Oktober 2020.

Lebih lanjut, beberapa penyakit seperti reumatoid arthritis, tiroid, dan lupus, ditemukan dua hingga tiga kali lebih sering terjadi pada wanita sampai sebelum mengalami menopause.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved