Breaking News:

Pusat Kebudayaan Bali Akan Dibangun Pakai Dana Pinjaman PEN, Koster:Makin Cepat Dibangun Makin Bagus

Pembangunan infrastruktur kebudayaan itu rencananya akan dimulai dengan pembebasan lahan pada 2021 dan diharapkan selesai pada 2023 mendatang.

Penulis: I Wayan Sui Suadnyana
Editor: Wema Satya Dinata
Dokumentasi Pemprov Bali
Gubernur Bali, Wayan Koster memberikan jawaban terhadap pandangan umum fraksi-fraksi di DPRD Bali mengenai Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Semesta Berencana tahun 2021 dalam dapat paripurna ke-24 masa persidangan III DPRD Bali, Kamis (26/11/2020) 

Laporan Jurnalis Tribun Bali, I Wayan Sui Suadnyana

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali bakal membangun Pusat Kebudayaan Bali di Desa Gunaksa, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung menggunakan dana pinjaman dari PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) sebagai bagian dari Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Pembangunan infrastruktur kebudayaan itu rencananya akan dimulai dengan pembebasan lahan pada 2021 dan diharapkan selesai pada 2023 mendatang.

Pinjaman yang diberikan PT SMI dalam pembangunan Pusat Kebudayaan Bali yakni sebesar Rp 2,5 triliun dengan bunga nol persen dan mempunyai masa tenggang (gress period) selama dua tahun.

Dana ini bakal dicairkan melalui dua gelombang, yakni pada 2021 sebagai gelombang pertama sebesar Rp 1 triliun dan pada gelombang kedua setahun berikutnya sebesar Rp 1,5 triliun.

Baca juga: Pemkot Denpasar Terima DIPA 2021 dan Dana Transfer Daerah dari Pusat Senilai Rp 958 Miliar

Baca juga: Pengendara Motor Tiba-Tiba Terjatuh dari Sepeda Motor di Zebra Cross Traffic Light Imam Bonjol

Baca juga: Mutasi Ditubuh Kejari Badung, Dewa Arya Lanang Jabat Kasi Pidsus Kejari Badung

Gubernur Bali, Wayan Koster mengungkapkan, pinjaman PEN sebesar Rp 1,5 triliun akan digunakan untuk pengadaan dan pematangan lahan.

Kemudian di akhir tahun 2021 sudah bisa mulai dibangun beberapa unit bagian dari kawasan inti Pusat Kebudayaan Bali.

"Jadi di awal tahun kita akan membebaskan lahannya, melunasi pengadaan lahan.

Kemudian langsung mematangkan dan diprioritaskan untuk lokasi yang akan membangun yang menjadi inti dari kawasan Pusat Kebudayaan Bali tersebut," kata Koster

Hal ini Koster katakan saat memberikan jawaban terhadap pandangan umum fraksi-fraksi mengenai Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Semesta Berencana tahun 2021 dalam dapat paripurna DPRD Bali, Kamis (26/11/2020).

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved