Breaking News:

Berita Bangli

Kehilangan Pekerjaan Akibat Pandemi, Gafur Edarkan dan Jual Uang Palsu Hingga 14 Juta

Seorang mantan pengemudi ojek online di wilayah Bangli diringkus lantaran kasus pemalsuan uang Satreskrim Polres Bangli, Kamis (7/1/2021).

Tribun Bali/Fredey Mercury
Kasatreskrim Polres Bangli, AKP Androyuan ketika mengungkapkan kasus pemalsuan dan peredaran uang palsu, Selasa (12/1/2021) 

TRIBUN-BALI.COM, BANGLI – Seorang mantan pengemudi ojek online di wilayah Bangli diringkus Satreskrim Polres Bangli, Kamis (7/1/2021).

Pria yang diketahui bernama Abdul Gafur itu diringkus lantaran kasus pemalsuan uang.

Pria kelahiran Seririt, Buleleng itu memalsukan mata uang rupiah dengan nominal Rp. 50 ribu dan Rp. 100 ribu.

Ia bahkan sempat mengedarkan uang palsu tersebut hingga wilayah Jawa dan Sumatera.

Kasat Reskrim Polres Bangli, AKP Androyuan Elim, Selasa (12/1/2021) mengungkapkan, penangkapan pria 32 tahun itu berawal dari adanya informasi masyarakat pada Kamis (7/1/2021) sekitar pukul 21.00 wita.

Baca juga: Cetak Uang Palsu Ratusan Juta Rupiah, Seorang Petani Diamankan Polisi

Di mana terdapat seorang laki-laki bernama Abdul Gofur yang tinggal di lingkungan LC Subak Aya, mencetak dan memalsukan uang kertas untuk diedarkan.

Mendapat informasi tersebut, Polisi langsung mendatangi kediaman pelaku di sebuah rumah kos Jalan Tirta Gangga, Banjar Bebalang, Bangli.

Dan setelah dilakukan pemeriksaan, ayah tiga anak itu mengakui perbuatannya telah mencetak atau memalsukan sejumlah mata uang atau uang kertas.

“Dari hasil penggeledahan polisi berhasil mengamankan dua unit printer scanner yang digunakan untuk mencetak uang palsu, dua unit handphone yang digunakan untuk transaksi menjual uang palsu, serta uang palsu hasil print pecahan 100 ribu dan 50 ribu sejumlah 14.150.000,” ungkapnya.

Gafur selanjutnya digelandang ke Polres Bangli untuk dimintai keterangan lebih lanjut. Berdasarkan pengakuannya, ia melakukan pencetakan uang palsu sejak bulan November 2020.

Halaman
123
Penulis: Muhammad Fredey Mercury
Editor: Noviana Windri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved